Ini Kebiasaan Orang Indonesia Menyambut Bulan Ramadan

Survei: Persiapan yang Biasanya Dilakukan Menjelang Bulan Ramadan (Freepik)

MAKASSARINSIGHT.com - Bulan suci Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama untuk penganut agama Islam.

Di bulan ini orang berlomba-lomba untuk memperkuat iman dan berbuat kebaikan dengan berbagi, beribadah dan bersilaturahmi untuk memperkuat hubungan persaudaraan.

Baca Juga: 

Melansir dari laman website resmi Databoks sebuah survei yang dilakukan oleh Populix dengan judul "Embracing Ramadan 2022" dengan melibatkan responden berusia 18-55 tahun di Indonesia  pada 1-9 Maret 2022 memperoleh hasil bahwa:

1. Membersihkan rumah: 70%

70% responden mengungkapkan persiapan yang mereka lakukan menjelang bulan suci Ramadan adalah dengan membersihkan rumah.

Hal ini tentu berkaitan dengan budaya silaturahmi yang kerap dilakukan oleh banyak orang terutama saat bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri.

2. Persiapan stok makanan: 66%

Sebanyak 66% responden mengaku menyambut Ramadan dengan mempersiapkan stok makanan. Hal ini mempertimbangkan kegiatan sahur dan buka yang akan mereka lakukan selama bulan Ramadan.

3. Persiapan stok minuman: 47%

Memiliki skor tepat di bawah persiapan stok makanan, mempersiapan stok minuman ternyata meraih banyak hampir dari setengah skor responden yaitu 47%.

4. Membeli pakaian baru: 43%

Kemeriahan Ramadan banyak disambut dengan berbelanja pakaian baru bagi sebagian orang. Kegiatan ini tentunya akan mengalami peningkatan yang signifikan menjelang hari raya Idulfitri.

5. Membeli perlengkapan salat: 30%

Ramadan adalah momen yang pas untuk beribadah. Tak jarang banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk berbelanja beragam perlengkapan ibadah salah satunya perlengkapan salat.

6. Renovasi rumah: 12%

Masih sama seperti nomor 1, sebanyak 12% responden mengatakan mereka menyambut bulan Ramadan dengan merenovasi rumah. Hal ini tentunya sebagai persiapan apabila akan ada tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah.

Selain itu rumah yang sudah bersih dan direnovasi tentu membuat penghuninya lebih nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

7. Servis kendaraan: 9%

Sebanyak 9% responden mengaku mereka mengisi kegiatan sebelum Ramadan dengan menyervis kendaraan mereka. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi kegiatan mudik dan berpergian yang akan mereka lakukan selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idulfitri.

8. Tidak ada persiapan: 6%

Sebanyak 6% responden mengatakan mereka tidak melakukan persiapan apapun menjelang bulan Ramadan.

Baca Juga: 

Nah berikut tadi adalah survei mengenai persiapan yang biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 22 Mar 2023 

Editor: Bambang Susilo
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories