Peduli Gaza, Indonesia Kirim 21 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Presiden Jokowi saat melepas bantuan tahap kedua di Bandara Halim Perdanakusuma, Senin 20 November 2023 ((Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden))

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melepas pengiriman bantuan menuju Palestina, Senin 20 November 2023. Pelepasan bantuan tahap kedua itu dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 08.30 WIB. 

Pengiriman itu menyusul bantuan tahap pertama yang telah lebih dahulu dikirimkan pada awal bulan lalu. “Pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan pada saudara-saudara kita di Gaza sebanyak dua pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton,” kata Presiden Jokowi, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Kepresidenan.

Bantuan yang dikirimkan kali ini meliputi obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Palestina. Presiden menyebut sumber dana bantuan itu berasal dari anggaran pemerintah senilai Rp39,9 miliar, dari perusahaan serta masyarakat. 

“Antara lain dari PT Paragon Teknologi dan Inovasi, kemudian Indonesian Humanitarian Alliance, KitaBisa, Baznas, Wickel, dan yang lain-lainnya,” ungkap Presiden.Bantuan dikirimkan dengan menggunakan pesawat kargo BBN Airlines

Baca Juga: 

Rute pengiriman yang dilalui sama seperti halnya tahap pertama yaitu melalui Bandara El Arish di Mesir dan akan dilanjutkan menuju Gaza. Tidak hanya berupa bantuan fisik saja yang diberikan, Indonesia akan memberikan bantuan berupa dukungan politik terhadap Palestina.

“Sebagai salah satu utusan khusus OKI, menteri luar negeri Indonesia juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza segera dihentikan,” papar Presiden. 

Kemudian, Presiden mengatakan agar dilakukan sesegera mungkin genjatan senjata agar bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu masyarakat di wilayah tersebut. “Saya tegaskan bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina,” pungkas Presiden. 

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah pejabat mendampingi seperti Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M Al Shun, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menko PMK Muhadjir Effendy, Wamenlu Pahala Mansury, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono hingga KSAD Jenderal Agus Subiyanto.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirimkan bantuan kloter pertama menuju Palestina dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu, 4 November 2023. Kloter pertama itu terdiri dari dua unit Hercules dan satu unit Pesawat A330. Bantuan itu berisikan barang-barang yang telah disesuaikan dengan permintaan warga Palestina. 

Baca Juga: 

Presiden menyebut bantuan itu merupakan bantuan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha. Adanya bantuan itu sebagai wujud solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan di Palestina

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 20 Nov 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories