Orangtua Kelelahan, Bergini Cara Minimalisir Dampak Buruknya ke Anak

Photo by Gustavo Fring: Photo by Phil Nguyen: https://www.pexels.com/photo/man-carrying-child-1361766/ (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Tekanan atau stress menjadi hal yang familiar bagi orang tua yang sibuk bekerja. Bahkan, stress tersebut kadang terbawa hingga berada di rumah. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi keharmonisan rumah tangga.

Berdasarkan data penelitian dari Universitas Negeri Ohio tahun lalu, kisaran 66% orang tua yang bekerja mengalami kelelahan lantaran tertekan di tempat kerja.

Celakanya, orang tua sekaligus pekerja yang merasa kelelahan cenderung terganggu dan apatis selama hari kerja. Hal ini menyebabkan kinerja dan performa di perusahaan semakin menurun.

Baca Juga: 

Selain di tempat kerja, kelelahan menjalankan dua peran juga berdampak buruk bagi keluarga. Tak jarang, para orang tua kurang sabar menghadapi anak dan menjadi tak punya gairah di rumah.

Celakanya, anak-anak yang terdampak stres dan kecemasan orang tua dapat menjadi lebih mudah putus asa. Terburuknya, anak mungkin akan kesulitan di sekolah dan dalam situasi sosial

Mengutip CNBC Make It Kamis, 9 Maret 2023, psikolog anak Irina Gorelik mengatakan ada beberapa hal yang harus anda lakukan setelah terlanjur melepas stres Anda pada anak untuk mengurangi dampak buruk.

1. Meminta maaf

Pertama, Anda harus memahami bahwa kehilangan kesabaran karena kelelahan bukanlah akhir dari segalanya. Ketika amarah terlanjur Anda lampiaskan pada anak, jangan ragu untuk meminta maaf.

Berikan pengertian pada anak bahwa Anda tak sengaja kehilangan kendali atas emosi Anda. Beri pengertian juga bahwa saat ini Anda sedang kelelahan sehingga bereaksi berlebihan.

2. Akui kesalahan

Setelah meminta maaf, hal yang harus Anda lakukan adalah mengakui kesalahan. Anda harus mengomunikasikan pada anak bahwa yang Anda lakukan pada mereka adalah sebuah kesalahan yang seharusnya tak dilakukan orang tua.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda dapat membantu mereka mengurangi rasa takut dan cemas.

3. Ingat anak adalah manusia yang jauh dari sempurna

Menetapkan standar sempurna pada anak bukanlah hal yang bagus. Anak adalah manusia, dan manusia tentunya masih jauh dari sempurna.

Jika Anak melakukan kesalahan saat Anda lelah, tarik nafas panjang dan pikirkanlah bahwa Anda pun belum bisa menjadi orang tua sempurna bagi anak.

4. Tetapkan batasan

Menetapkan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan keluarga dapat membantu mengurangi stres Anda.

Jadi lebih baik Anda tak menyentuh pekerjaan sama sekali saat berada di rumah supaya bisa fokus dengan keluarga.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan momen "me time" ke dalam jadwal harian Anda untuk memberi ruang bagi momen-momen yang tidak dihabiskan oleh pekerjaan atau keluarga Anda.

Baca Juga: 

5. Meditasi rutin

Secara umum, Anda dapat mengurangi kecemasan di tempat kerja dengan mencoba latihan pernapasan pereda stres dan mantra motivasi. Selain itu, Anda juga bisa berjalan kaki 10 menit di luar untuk mengurangi stress. 
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 12 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories