Orang-orang Mulai Khawatir, Ini 3 Ketakutan Besar Terhadap AI

Photo by cottonbro studio: https://www.pexels.com/photo/a-woman-looking-afar-5473955/ (Pexels / Cottonbro Studio)

MAKASSARINSIGHT.com - Ketakutan sekelompok masyarakat terhadap teknologi kecerdasan buatan/ Artificial Intelegence (AI) belakangan ini semakin memuncak. Beberapa tokoh dunia seperti Warren Buffet Bahkan menyamakan AI memiliki dampak seperti bom nuklir.

Selain itu, menurut menurut peringatan terbaru yang dikeluarkan oleh Center for AI Safety (CAIS) Teknologi AI akan menjadi hal yang berbahaya. Menariknya, pernyataan tersebut didukung oleh pemain utama dalam industri AI termasuk Sam Altman pencipta OpenAI ChatGPT . 

Peringatan itu adalah salah satu dari banyak yang telah dikeluarkan dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa pencipta awal teknologi tersebut mengklaim bahwa kita sedang menuju kehancuran umat manusia sementara yang lain memperingatkan bahwa regulasi sangat dibutuhkan.

Baca Juga: 

Beberapa dari pernyataan ini membuat orang berjuang untuk memahami klaim yang semakin hiperbolik.

Menanggapi hal tersebut, pakar AI dan asisten profesor di Universitas Cambridge, David Krueger mengatakan bahwa meskipun orang mungkin menginginkan skenario konkret terkait risiko eksistensial AI, masih sulit untuk menunjukkannya dengan tingkat kepastian apa pun.

"Saya tidak khawatir karena ada ancaman yang akan segera terjadi dalam arti di mana saya dapat melihat dengan tepat apa ancaman itu. Tapi saya pikir kita tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan potensi ancaman yang akan datang," katanya sebagaimana dikutip dari Insider Senin, 19 Juni 2023.

Mengingat hal itu, berikut adalah beberapa masalah potensial yang dikhawatirkan para ahli terhadap AI.

1. Mengambil Alih

Salah satu risiko yang paling sering dikutip adalah bahwa AI bisa di luar  kendali pembuatnya. Sebagaimana diketahui, Kecerdasan umum buatan (AGI) mengacu pada AI yang sama cerdas atau lebih pintar dari manusia dalam berbagai tugas. 

Karenanya, sistem AI saat ini tidak hidup tetapi diciptakan untuk menjadi seperti manusia. ChatGPT, misalnya, dibuat untuk membuat pengguna merasa sedang mengobrol dengan orang lain.

Para ahli berbeda pendapat tentang bagaimana tepatnya mendefinisikan AGI.  Namun umumnya setuju bahwa teknologi potensial menghadirkan bahaya bagi umat manusia yang perlu diteliti dan diatur

Krueger mengatakan contoh paling nyata dari bahaya ini adalah persaingan militer antar negara. Persaingan militer dengan senjata otonom meliputi sistem yang dirancang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dunia fisik dan menyebabkan kerusakan.

"Ini  tampaknya lebih jelas bagaimana sistem seperti itu dapat membunuh banyak orang," ujar Kruger.

Ia menambahkan bahwa skenario perang total yang didukung oleh AI di masa depan ketika kita memiliki sistem canggih yang lebih pintar daripada manusia.

"Saya pikir kemungkinan besar sistem akan lepas kendali dan mungkin berakhir dengan membunuh semua orang sebagai akibatnya," tambah Kruger.

2. Memicu Pengangguran Massal

Ada konsensus yang berkembang bahwa AI adalah ancaman bagi beberapa pekerjaan .

Abhishek Gupta, pendiri Institut Etika AI Montreal, mengatakan prospek hilangnya pekerjaan akibat AI adalah ancaman eksistensial yang paling realistis, langsung, dan mungkin mendesak. Ia mengatakan bahwa saat ini masyarakat  perlu melihat kurangnya tujuan yang dirasakan orang saat kehilangan pekerjaan secara massal.

"Bagian eksistensialnya adalah apa yang akan dilakukan orang dan dari mana mereka akan mendapatkan tujuan mereka?," ujar Gupta

Sejumlah CEO mulai berterus terang tentang rencana mereka untuk memanfaatkan AI. CEO IBM Arvind Krishna, misalnya, baru-baru ini mengumumkan perusahaan akan memperlambat perekrutan untuk peran yang dapat diganti dengan AI . 

"Empat atau lima tahun yang lalu, tidak seorang pun akan mengatakan pernyataan seperti itu dan dianggap serius," kata Gupta.

Baca Juga: 

3. Timbulkan Bias

Jika sistem AI digunakan untuk membantu membuat keputusan masyarakat yang lebih luas, bias sistematis dapat menjadi risiko serius yang ditimbulkan AI.

Sudah ada beberapa contoh bias dalam sistem AI generatif, termasuk versi awal ChatGPT. Anda dapat membaca beberapa jawaban mengejutkan dari chatbot di sini . OpenAI telah menambahkan lebih banyak pagar untuk membantu ChatGPT menghindari jawaban bermasalah dari pengguna yang meminta sistem untuk konten yang menyinggung.

Model gambar AI generatif dapat menghasilkan stereotip berbahaya . Jika ada contoh bias yang tidak terdeteksi dalam sistem AI yang digunakan untuk membuat keputusan dunia nyata. Sebagai contoh, AI dapat  menyetujui tunjangan kesejahteraan sehingga dampaknya bisa  menimbulkan konsekuensi serius.

Analis The Alan Turing Institute., Janis wong mengatakan bahwa Data pelatihan seringkali didasarkan pada data berbahasa Inggris. Karenanya, dana untuk melatih model AI lain dengan bahasa yang berbeda terbatas.

“Jadi banyak orang yang dikecualikan atau bahasa tertentu akan kurang terlatih seperti bahasa lain juga,” kata Wong.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 19 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories