Minum Kopi yang Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Caranya

Festival Kopi Togetherness menghadirkan serangkaian program edukasi publik, rekreasi, dan selebrasi kopi nusantara bersama jejaring komunitas produsen, penggiat dan penggemar kopi. Dengan menggali berbagai hubungan antara masyarakat Indonesia dan kopi. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (TrenAsia.com)

MAKASSARINSIHGHT.com — Kopi tak hanya dapat menjaga kesehatan otak dan jantung. Sejumlah riset menyebutkan konsumsi kopi yang benar juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena kafein pada kopi meningkatkan thermogenesis yang membuat tubuh lebih banyak membakar kalori. 

Ada beberapa tips minum kopi yang efektif menurunkan berat badan. Berikut ulasannya:

Pilih Waktu yang Pas

Konsumsilah kopi di waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat maksimal. Sejumlah ahli diet menyarankan agar tidak minum kopi enam-tujuh jam jelang waktu tidur. Hal itu untuk menjaga hormon tubuh dan kualitas istirahat. 

Konsumsi kopi di waktu tersebut berpotensi membuat Anda susah tidur. Jika demikian, rasa lapar bisa meningkat. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan. Lalu jangan minum kopi sebelum Anda menghabiskan sarapan.

Itu karena kopi dapat mengurangi rasa lapar sehingga Anda bisa kehilangan sarapan. Saat Anda tidak sarapan, Anda berpotensi makan berlebihan di siang atau malam harinya.  

Baca Juga: 

Tanpa Pemanis Tambahan

Kopi hitam adalah minuman ideal untuk menurunkan berat badan karena mengandung kurang dari lima kalori. Pastikan tidak ada tambahan pemanis seperti gula saat mengonsumsinya. Kopi bisa menjadi tinggi kalori apabila ditambah susu dan gula. Anda juga sebaiknya menyisihkan kopi-kopi instan maupun kopi kekinian. 

Berikan Bubuk Kayu Manis

Kombinasi kafein dan antioksidan dari kayu manis dapat mendorong turunnya berat badan dengan meningkatnya metabolisme, seperti dilansir Times of India. Jadi, Anda dapat menambahkan bubuk kayu manis untuk mendapatkan manfaat lebih dari kopi. Cukup berikan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir kopi hitam panas. 

Dark Chocolate Bisa Jadi Pilihan

Selain kayu manis, dark chocolate bisa menjadi alternatif untuk paduan ngopi. Dengan aroma dan sensasi pahit-manis yang khas, menambahkan dark chocolate pada secangkir kopi adalah ide brilian. Cokelat juga dapat sedikit mengurangi pahit kopi. 

Baca Juga: 

Pengaruh Kudapan 

Beberapa orang suka meminum kopi sambil memakan biskuit, kukis atau roti. Kebiasaan ini memang nikmat dan menyenangkan. Namun hati-hati, ancaman kalori tinggi sedang mengintai. Apalagi jika kebiasaan tersebut rutin dilakukan. Jadi, bijaklah meminum kopi dengan kudapan. 

Itu tadi tips meminum kopi yang dapat menurunkan berat badan. Anda mau mulai dari yang mana? 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 29 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories