menjadi Entrepreneurs Adalah Privilege, Ini Alasannya

5 Alasan Mengapa Menjadi Entrepreneurs Adalah Privileged (Pxels : RODNAE Production)

MAKASSARINSIGHT.com - Sukses menjadi entrepreneurs sama membanggakannya seperti mendapat gelar doktor. Kira-kira seperti itulah kutipan dari seorang entrepreneur perempuan Nika Putih kepada entrepreneur.com.

Terlepas dari tahun-tahun yang telah ia habiskan untuk berbisnis, Nika merasa mendapat banyak manfaat dari privilege yang ia miliki untuk mengembangkan bisnisnya.

1. Memiliki pendanaan awal adalah privilege

Bagaimana saya akan mendanai bisnis saya? adalah pertanyaan yang membayangi banyak pengusaha. Seperti dilansir dari laman Zipia, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 66% entrepreneurs menggunakan uang mereka sendiri untuk memulai bisnis dan 33% lainnya memulai bisnis mereka dengan modal awal kurang dari US$5.000.

Baca Juga: 

Opsi pendanaan bisa juga datang dari ventura teman, keluarga, atau pinjaman bank. Sehingga bisa disebut Anda memiliki privilege jika memiliki akses untuk pendanaan awal ini.

2. Menjadikan entrepreneur lain sebagai mentor adalah privilege

Baik itu orang tua, kakek nenek, bibi atau paman. Memiliki seseorang dalam keluarga yang juga berbisnis dapat membantu Anda mewujudkan impian untuk memulai bisnis sendiri.

Akan lebih sulit untuk membayangkan bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis jika kita belum pernah melihat entrepreneur yang sepeti kita. Sehingga memiliki entrepreneur lain sebagai contoh dan mentor kemungkinan besar dapat berdampakn pada kesuksesan bisnis yang ingin kita ciptakan.

3. Memiliki latar belakang pendidikan tinggi adalah privilege

Nika memiliki gelar doktor dan ini menjadikannya termasuk ke dalam minoritas entrepreneur. Masih melansir dari laman website Zipia, 62% entrepreneur memiliki setidaknya gelar sarjana sementara 7% dari mereka memiliki gelar doktor atau gelar lainnya.

Penelitian juga menyebut bahwa entrepreneur bergelar doktor berpenghasilan 35% lebih tinggi daripada mereka yang bergelar sarjana.

4. Memiliki bisnis yang bertahan lebih dari 3 tahun adalah privilege

Ada banyak alasan mengapa bisnis tidak berumur panjang seperti pendanaan habis, keadaan darurat bisnis yang tak terduga muncul, atau entrepreneur yang berubah pikiran tentang usaha mereka.

Terlepas dari apapun  alasannya, memiliki bisnis yang bertahan selama lebih dari 3 tahun atau bahkan puluhan tahun adalah sebuah privilege.

Baca Juga: 

5. Memulai bisnis sendiri adalah privilege

Ramainya PHK yang terjadi di beragam industri membuat sekarang adalah waktu terbaik untuk mulai berbisnis.

Menjadi seorang entrepreneur memperluas masa depan keuangan Anda. Bagi banyak entrepreneur, berbisnis membuat mereka memiliki gaji hingga mencapai tingkat yang sama sekali baru dan tidak pernah mereka dapatkan selama bekerja.

Selain itu dengan berbisnis, Anda akan lebih fleksibel mengejar passion Anda dan bekerja untuk diri sendiri.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 alasan mengapa menjadi entrepreneurs adalah privilege. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 06 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags BisnisBagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories