Kini Luwu Utara Punya Pasar UMKM Satu Atap, Bakal Jadi Pusat Perdagangan Ikan

Bupati Indah Putri Indriyani meresmikan pasar satu atap untuk UMKM di Luwu Utara, Senin (2/1/2023). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com -- Mengawali kegiatan nya di awal tahun 2023, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani meresmikan pasar UMKM satu atap di Desa Tandung, Kecamatan Malangke. Minggu (01/01/2023)

Pasar UMKM satu atap Desa Tandung Kecamatan Malangke nantinya akan menjadi tempat puluhan pedagang ikan, dengan hadirnya pasar ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan, dengan diresmikanya pasar tersebut, dirinya meminta agar pusat perdagangan ikan itu benar benar difungsikan dengan baik.

" Alhamdulillah di hari pertama atau di awal tahun 2023 kita meresmikan pasar satu atap ini, sama seperti tahun lalu mengawali tahun 2022 itu saya juga meresmikan pasar di Desa Tolada" kata Indah mengawali sambutanya.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu menambahkan,  pasar yang diperuntukkan untuk nelayan ini kedepan diharapkan bisa menjadi ikon sebagai pusat pasar ikan di Luwu Utara.

"Di Luwu Utara sektor perikanan menjadi penyumbang PDRB terbesar kedua setelah perkebunan kakao dan sawit. 
Senang nya lagi dari data BPS nilai tukar nelayan kita terus meningkat dari waktu ke waktu, tentu ini juga membuktikan jika program program yang kita terapkan itu sangat berdampak baik khususnya untuk nelayan," jelasnya.

Salah satu program yang diberikan pemda Luwu Utara nelayan adalah memberi perlindungan atau jaminan kepada nelayan. Saat ini sedikitnya sudah ada 1.666 nelayan di Luwu Utara diberi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Jaminan tersebut berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

"Perlindungan ini berawal saat kita melakukan observasi di Kecamatan Malangke dengan ikut melakukan langsung operasi di atas kapal perikanan. Pada waktu kita melihat aktifitas nelayan kita ini sangat beresiko terjadinya kecelakaan kerja, sehingga kita jalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Alhamdulillah nelayan kita bisa mendapatkan perlindungan" ungkap istri Anggota DPR RI Muhammad Fauzi itu.

Peresmian pasar tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Luwu Utara Drs Basir, Kepala Dinas PUTRPKP2 Luwu Utara Muharwa, Anggota DPRD Luwu Utara Fraksi PAN Muhammad Ibrahim. (*)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories