Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Resmi Buka Pasar Seni Rupa

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Gelaran Pasar Seni Rupa Art Makassar persembahan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata Kota Makassar bekerjasama dengan Komunitas Perupa Makassar resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem pada Jumat 29 September 2023 sore.

Event yang berlangsung selama dua hari, 29-30 September 2023 di Etika Studio Jalan Tamalate tersebut merupakan salah satu langkah pemerintah kota Makassar dalam melestarikan dan mengembangkan industri ekonomi kreatif di kota Makassar.

"Khususnya sub sektor seni rupa yang dilaksanakan dengan dasar pengembangan ekosistem ekonomi kreatif, sub kegiatan pengembangan sistem pemasaran (pasar seni),"ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Zamhir Islamie Hatta dalam laporannya.

Zamhir juga mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan pasar seni art Makassar bertujuan sebagai media bagi para perupa dan komunitas seni rupa di Kota Makassar dalam mempresentasikan hasil karya mereka kepada publik lebih luas.

Baca Juga: 

"Kemudian menciptakan momentum kesenirupaan dengan konsep pasar seni (art fair) yang dapat memupuk minat masyakarat terhadap karya seni rupa Makassar,"bebernya.

"Selain itu, juga membangun ekonomi kesenian melalui proses apresiasi dan edukasi terkait potensi dan nilai di dalam karya perupa Makassar,"lanjutnya.

Zamhir juga menyebutkan sejumlah rangkaian kegiatan dari Pasar Seni Rupa Art Makassar seperti pameran seni rupa dengan memajang dan memamerkan karya para perupa Makassar.

Kemudian ada tour pameran, pasar seni yang menyuguhkan pajangan produk seni dari beberapa komunitas dan rumah produksi.

"Selain itu juga ada talk show, art performance dengan menampilkan seni musik, teater dan tari,"ujarnya.

Lanjut Zamhir menyebut selama acara berlangsung ada live mural. Hal ini tentu menjadi bagian tak terpisahkan dari proses penciptaannya karya melalui tembok.

"Di sini juga tersedia wadah ekspresi bagi pengunjung yang dapat dijadik sebagai media untuk mengajak para pengunjung lebih dekat dengan aktivitas kesenirupaan,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan visualisasi karya seni dalam setiap media yang dihasilkan biasanya merupakan hasil perenungan dalam diri seniman untuk mengolah berbagai aktifitas dengan eksplorasi kreatifitas yang mengambil idiom seni pembaharuan ke dalam ruang dimensi karya seni yang berorientasi publik.

Demikian pula karya-karya yang kita nikmati bersama pada pameran seni rupa art Makassar tersebut. Visualisasi, konsep, dan penempatan tata letak setiap karya-karyanya tidak jauh dari hasil kontemplasi dari nilai-nilai alam, relijiusitas, kemanusiaan, serta substansi refleksi sebagai makhluk Tuhan.

Aktualisasi parapereupa menjadi olah kreativitas eksperimental atau ekspresi jiwa yang ditransplantasikan salam objek seni maupun lukisan kontemporer.

Dia juga mengatakan bahwa pameran yang diikuti oleh perupa saat ini adalah mempertemukan corak realis, impresionis, abstrak dan realis ke dalam media kanvas.

Roem juga menyampaikan bahwa karya karya yang dipamerkan di Pasar Seni Rupa Art Makassar ini adalah hasil kolaborasi dalam mempertemukan apresiasi dan persepsi seni kontemporer dalam bingkai independensi kreativitas.

"Saya yakin, karya-karya yang ditampilkan ini merupakan hasil kontemplasi dari sebuah proses perenungan dan pengendapan inspirasi yang sangat panjang dan dalam dari pelukisnya. Sehingga kekentalan pemahaman transspiritualisnya terungkap pula melalui karya-karya di sini,"urainya.

Roem berharap melalui pameran ini akan menjadi langkah awal dari usaha bersama dalam berkolaborasi ini.

Baca Juga: 

"Melalui pameran ini berharap akan menjadi langkah awal dari usaha kita bersama untuk terus berkolaborasi menciptakan ekosistem seni rupa di kota Makassar yang jauh lebih baik kedepannya agar setiap karya seni khususnya seni rupa tidak lagi hanya menjadi benda seni yang hanya sekedar benda pajangan biasa, tapi akan memberikan nilai tambah yang dapat memberikan nilai ekonomis bagi para senimannya,"pungkasnya.

Terakhir ia berpesan melalui pameran seni rupa ini, pihaknya menitip kepada para pengunjung agar dapat memaksimalkan usaha dalam mempromosikan.

"Melalui pameran ini, kami titipkan harapan agar dapat memaksimalkan seni rupa tidak hanya sekedar sebagai aktivitas individual yang kesepian tapi dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan kelompok ekonomi kreatif lainnya agar bisa saling menopan dan melengkapi satu sama lain,"tegasnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories