Kajian Amdal Proyek di Makassar, DLH Akan Libatkan Ahli Infrstruktur

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdi Mochtar. (INT)

MAKASSARINSIGHT.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar melibatkan sejumlah ahli dalam hal persoalan proyek infrastruktur. Utamanya, analisis dampak lingkungan (Amdal) yang menjadi perhatian.

Pasalnya, Amdal ini seringkali menjadi polemik, gedung-gedung yang tak memperhatikan Amdal kerap kali menyisakan banyak masalah, dari masalah limbah, polusi udara bahkan polusi suara.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kota Makassar Ferdi saat menggelar persentase Amdal terhadap proyek sejumlah proyek di Makassar. Mulai pembangunan perumahan hingga pembangunan MACCA dan Sirkuit yang akan dilakukan di Kelurahan Untia Makassar, di Ruang Sipakatau, Balai Kota belum lama ini.

Baca Juga: 

Pada kesempatan itu, agenda tersebut dihadiri tim teknis, pengembang perumahan hingga akademisi untuk mengkaji masalah Amdal dalam proyek yang dimaksud.

Kata Ferdi, dirinya menerangkan pihaknya akan bekerja dengan melibatkan para ahli guna memastikan dokumen yang masuk ke Pemkot khsusunya masalah Amdal ini sudah sesuai di lapangan.

“Insya Allah dalam waktu dekat kami akan sampaikan ke Bapak Wali Kota untuk dapat persetujuan,” jelas Ferdi, Sabtu (29/4).

Dia mengatakan seharusnya pembangunan ini akan memberikan multiplier effect terhadap Makassar. Sehingga, pemerintah mesti memberikan perhatian serius.

"Jadi memberikan efek yang sangat bagus dalam pembangunan di Kota Makassar," tukasnya.

Terpisah, Asisten II Pemkot Makassar, Rusmayani Madjid menerangkan, masalah Amdal ini diakui banyak menghantui Makassar, salah satunya masalah drainase, banyak di antara pembangunan perumahan yang drainasenya serampangan.

Baca Juga:

“Ini perlu diperhatikan drainase (perumahan), harus dipastikan terhubung,” imbuhnya. (***)

 

 

Editor: Isman Wahyudi

Related Stories