Baca Nih dan Hati-hati, Google Terbitkan Peringatan untuk Pengguna Gmail

Google Terbitkan Peringatan Mendesak untuk Semua Pengguna Gmail, Waspada! (Freepik.com/jannoon028)

MAKASSARINSIGHT.com - Jika Anda memiliki akun Gmail, ada baiknya untuk segera memeriksa apakah ada peringatan yang diterbitkan oleh Google. Hal ini karena Google dikabarkan baru saja mengeluarkan peringatan kepada setiap pengguna akun Gmail.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan adanya modus penipuan baru yang muncul dan menimbulkan ancaman bagi pengguna. Serangan siber tersebut menggunakan branding Google dengan baris subjek bertuliskan ‘Online Reward Program’.

Pengguna yang terkena serangan penipuan tersebut akan mendapatkan email palsu lewat Gmail bahwa mereka mendapatkan hadiah. Pesan tersebut akan meminta pengguna Gmail untuk mengklik tautan tertentu.

Baca Juga:

Penipu juga mengklaim bahwa dengan hanya mengklik tautan tersebut, mereka akan bisa mendapatkan hadiah. Namun ternyata hal ini adalah modus bagi penipu untuk meretas agar bisa mengakses data pribadi korban.

Dengan cara tersebut, penipu dapat mencuri uang dan identitas korban. Oleh karena itu, Google mendesak pengguna untuk tetap waspada terhadap penipuan jenis ini.

Tidak hanya itu, Google juga memberi tahu pengguna Gmail bahwa ada kemungkinan menu pop-up akan meminta pengguna memasukkan email atau informasi pribadi lainnya.

Google juga menjelaskan bahwa mereka tidak menawarkan hadiah apapun. Jadi, pengguna tidak akan memenangkan hadiah apapun dengan menyelesaikan survei atau memasukan informasi pribadi, sehingga pengguna sebaiknya segera menutup jendela pop-up tersebut dan tidak memasukkan informasi pribadi apapun.

Tips Menghindari Modus Penipuan dari Pihak yang Mengatasnamakan Google

Tips Menghindari Modus Penipuan dari Pihak yang Mengatasnamakan Google

Google juga memberikan beberapa tips kepada pengguna Gmail untuk menghindari serangan penipuan, seperti berikut ini.

  1. Perlambat aksi Anda. Penipuan sering dirancang untuk menciptakan sensasi urgensi. Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan pikirkan dengan baik-baik.
  2. Lakukan riset untuk memeriksa ulang detail yang Anda dapatkan.
  3. Kemudian, Anda juga sebaiknya segera berhenti atau tidak mengirimkan informasi pribadi apapun atau pembayaran yang mereka minta.

Itu tadi penjelasan mengenai peringatan Google terhadap pengguna Gmail sekaligus cara menghindari modus penipuan dari pihak yang mengatasnamakan Google.

Baca Juga:

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 03 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan

Related Stories