IPO, MUTU Target Himpun Dana Segar Rp101,82 Mliar

Layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - PT Mutuagung Lestari Tbk atau dikenal MUTU International, perusahaan di bidang jasa testing, inspection, and certification (TIC) semakin dekat langkahnya untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui proses Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO). Perseroan secara resmi memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 31 Juli 2023 dengan kode saham MUTU.

Berdasarkan hasil masa penawaran awal atau bookbuilding yang berlangsung pada 12 – 23 Juli 2023, saham MUTU ditetapkan dengan harga Rp 108 per saham dari rentang harga sebelumnya Rp 105 – Rp 110, saham yang dilepas sebanyak 942.857.200 lembar atau setara 30% dari total modal yang ditempatkan dan disetor. Dengan demikian, melalui proses IPO tersebut perseroan menargetkan memperoleh dana sebesar Rp 101,82 miliar.

Sesuai prospektus terbaru yang dikeluarkan Perseroan, proses IPO MUTU memasuki masa penawaran umum pada 2-7 Agustus 2023, dan perkiraan pencatatan saham atau listing di Bursa Efek Indonesia pada 9 Agustus 2023.

Baca Juga: 

Bersamaan dengan IPO ini, MUTU juga menerbitkan Waran Seri I dengan harga pelaksanaan Rp324 sebanyak-banyaknya maksimal Rp76,37 miliar, dengan rasio 4:1, yakni setiap pemegang 4 saham mendapatkan 1 waran, akan berlangsung pada 9 Februari 2024 hingga 8 Agustus 2025.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas dukungan regulator, penjamin emisi dan seluruh pihak yang turut membantu proses rencana IPO MUTU hingga sampai pada tahap ini. Kami optimis saham IPO MUTU nanti akan diminati investor seiring fundamental bisnis kami yang bagus dan pertumbuhan industri TIC yang prospektif khususnya di sektor Environment, Social, and Governance (ESG), perdagangan karbon dan green economy,” kata Presiden Direktur MUTU International Arifin Lambaga melalui keterangan resminya pada Rabu, (2/8/2023).

Arifin menambahkan, langkah IPO ini akan memperkokoh posisi MUTU sebagai pemimpin di industri TIC berbasis ESG terkemuka di Indonesia dan dunia internasional, sejalan dengan peluang industri TIC yang masih sangat besar. Dengan menjadi perusahaan terbuka, MUTU juga akan menjadi perusahaan yang lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sehingga, masuknya MUTU ke pasar modal dapat memberikan manfaat dan nilai tambah yang optimal kepada industri TIC, maupun stakeholders dan shareholdersnya.

Direktur Keuangan dan SDM MUTU International Sumarna mengatakan dana hasil IPO, 66% dialokasikan untuk capital expenditure (Capex) yakni pengembangan laboratorium maupun kantor cabang baru yang rencananya berada di Jawa Timur, Aceh, Sumatera Selatan, Jambi, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan yang akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2023.

Baca Juga: 

“Kami akan membangun 5 laboratorium baru untuk mendekatkan diri ke pelanggan, meningkatkan produktivitas, mempercepat proses TIC dan memperluas pasar,” kata Sumarna.

Sisa dana hasil IPO, yakni 34% akan dialokasikan untuk keperluan operational expenditure (Opex) yang mencakup pengadaan bahan baku, biaya operasional, biaya pengadaan bahan baku, biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya umum administrasi. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories