Ini Transfer Kejutan Bursa Januari di Liga Premier Inggris

Gelandang baru Arsenal, Jorginho (Twitter Arsenal)

MAKASSARINSIGHT.com—Tradisi kejutan dalam deadline day atau hari terakhir transfer kembali terjadi di bursa bulan Januari 2023. Di saat mata pecinta bola tertuju pada proses transfer Enzo Fernandez ke Chelsea, sejumlah transfer besar lain mencapai kesepakatan pada 31 Januari 2023. 

Perpindahan para pemain tersebut bahkan tidak diperkirakan sebelumnya. Berikut tiga kejutan transfer pada deadline day bursa musim panas Januari 2023 di Liga Premier Inggris: 

Jorginho (Chelsea ke Arsenal)

Gelandang Chelsea, Jorginho, sama sekali tak dikaitkan dengan kepindahan ke Arsenal sebelumnya. Namun sehari jelang penutupan jendela transfer, Jorginho justru secara mengejutkan merapat ke sesama klub London tersebut. Yang menarik, Arsenal “hanya” perlu mengeluarkan kocek 12 juta poundsterling (Rp267 miliar) untuk mengangkut gelandang Timnas Italia itu. 

Baca Juga: 

Kegagalan The Gunners mendapatkan Moises Caicedo dari Brighton and Hove Albion membuat Arsenal menjatuhkan pilihan pada Jorginho. Sang pemain sendiri bakal bersama Arsenal hingga Juni 2024 mendatang. Kehadiran Jorginho diyakini banyak pihak bakal membuat tim asuhan Mikel Arteta semakin solid. 

Pengalamannya bersama klub-klub besar dan Timnas Italia akan membuat persaingan di lini tengah kian panas. Gelandang macam Granit Xhaka dan Thomas Partey harus selalu menjaga performa jika tak ingin diambilalih Jorginho.  

Keylor Navas (PSG ke Nottingham Forest)

Keylor Navas adalah salah satu pesakitan di Paris Saint-Germain (PSG). Meski punya kemampuan kelas wahid, dia kesulitan menembus posisi inti dan terus menjadi bayang-bayang Gianluigi Donnarumma. Tawaran untuk hijrah ke Nottingham Forest pun tak disia-siakannya. 

Forest memang mencari kiper anyar setelah Dean Henderson absen karena cedera. Kehadiran Navas di bawah mistar gawang Forest tentu sepadan sebagai pengganti Henderson yang tampil apik musim ini. Pengalamannya di klub dan Timnas Kosta Rika diharapkan membantu Forest yang berambisi bertahan di Liga Premier musim ini.  

Navas sendiri diyakini memiliki ambisi pribadi. Dia ingin membuktikan bahwa kebijaan Christophe Galtier meminggirkannya di PSG adalah keputusan yang salah. Navas sendiri berstatus pinjaman hingga akhir musim.

Marcel Sabitzer (Bayern Munich ke MU)

Manchester United (MU) melakukan transfer taktis untuk menambal posisi Christian Eriksen yang absen hingga Mei karena cedera. Alih-alih memboyong pemain berharga mahal, MU memilih meminjam gelandang Bayern Munich, Marcel Sabitzer. 

Baca Juga: 

Kehadiran Sabitzer yang memiliki karakter ngotot diyakini bakal memberi warna baru bagi lini tengah Setan Merah. Pemain asal Denmark itu juga akan menambah kedalaman lini tengah yang sudah diisi Casemiro, Fred dan Scott McTominay.

Sabitzer sendiri diharapkan dapat kembali moncer seperti ketika berseragam RB Leipzig. Sabitzer bergabung dengan status pinjaman hingga akhir musim. Ada opsi pembelian permanen seharga 35 juta euro. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 01 Feb 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories