Ini Tips Membeli Rumah Pertama, Millenial Bisa Coba

Anak Muda Wajib Tahu! 5 Tips Membeli Rumah Pertama (Pexels/Scott Webb)

MAKASSRINSIGHT.com - Membeli rumah pertama adalah pencapaian besar bagi banyak orang. Walau menggembirakan, membeli rumah pertama juga mungkin terasa rumit untuk sebagian orang. Inilah mengapa dalam prosesnya, Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan cermat. 

Berikut ini TrenAsia.com merangkum 5 tips membeli rumah pertama terutama untuk anak muda. 

1. Tentukan Kriteria Rumah dan Lingkungan yang Ideal 

Menentukan kriteria rumah dan lingkungan yang ideal membantu Anda untuk mudah memutuskan pilihan rumah yang akan diambil. Jangan sampai Anda menyesal setelah beli rumah. 

Sebelum mengambil keputusan bulat, ada baiknya mempertimbangkan beberapa faktor seperti lokasi, keamanan, transportasi, hingga fasilitas umum. Beberapa orang memiliki preferensi pemandangan alam atau lingkungan yang hijau sementara yang lain lebih menyukai pemandangan perkotaan. 

Pertimbangkan dengan matang faktor-faktor di atas sehingga Anda bisa mendapatkan rumah ideal. 

Baca Juga: 

2. Menabung Lebih Awal 

Karena harga rumah yang terus naik, utamakan untuk menabung lebih awal sehingga tak perlu waktu lama tabungan Anda akan cukup untuk membeli rumah atau membayar uang muka rumah

Pertimbangkan untuk menggunakan layanan autodebet pada rekening Anda sehingga Anda tidak akan lupa untuk menabung setiap bulannya. 

3. Sesuaikan dengan Anggaran

Jangan sampai karena kalap membeli rumah Anda mengabaikan kesehatan keuangan. Pastikan dana yang Anda miliki sudah benar-benar cukup untuk membeli rumah apapun metodenya. 

Jika ingin membeli rumah dengan cicilan bank, maka Anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan bayar per bulan. Jangan lupa, idealnya besaran cicilan utang tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan.

4. Pilih Developer yang Terpercaya 

Rumah tak selalu ditawarkan ke konsumen dalam kondisi siap huni. Tak sedikit developer yang menawarkan rumah indent. 

Developer atau pengembang perumahan juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah. 

Pastikan developer telah memiliki reputasi yang baik, karena developer memiliki pengaruh yang besar baik jangka pendek maupun jangka panjang terhadap investasi rumah Anda. 

Baca Juga: 

5. Pertimbangkan Sistem KPR 

KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. KPR kerap menjadi solusi calon pembeli karena bisa meringankan biaya awal yang perlu dipersiapkan untuk meminang rumah impian.

Rumah KPR adalah rumah yang dibeli secara kredit dengan pembiayaan dari pinjaman lembaga sekunder atau bank. Umumnya uang down payment yang harus disiapkan untuk membeli rumah secara KPR adalah 30% dari harga jual properti. 

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 tips membeli rumah pertama. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 16 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories