Ini Ciri Seseorang Sudah Mandiri Secara Finansial

5 Ciri-ciri Ini Menandakan Anda Sudah Mandiri Secara Finansial (Freepik.com/drobotdean)

MAKASSAINSIGHT.com - Semua orang tentu ingin bisa mandiri secara finansial. Tidak mengherankan jika mandiri secara finansial sering dijadikan sebagai tujuan keuangan.

Mandiri secara finansial adalah suatu kemampuan untuk mengatur dan mengelola keuangan pribadi atau keluarga dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Selain itu, kemandirian finansial juga mencakup pemahaman tentang cara membuat anggaran, mengelola utang dengan efisien, dan memiliki rencana keuangan jangka panjang yang realistis.

Meski definisi kemandirian finansial mungkin berbeda untuk setiap orang, 5 ciri-ciri ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sudah mandiri secara finansial atau sedang dalam perjalanan menuju kemandirian.

BACA JUGA

Ciri-ciri Seseorang yang Mandiri Finansial

Ciri-ciri seseorang yang mandiri secara finansial

Simak beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa seseorang yang mandiri secara finansial.

1. Anda Tidak Dibebani dengan Utang

Jika Anda telah melunasi semua utang Anda, itu adalah salah satu tanda yang menakjubkan bahwa Anda telah menjadi lebih mandiri secara finansial. Hal ini karena utang adalah beban yang memakan penghasilan Anda setiap bulan.

Cara terbaik untuk segera mendapatkan kembali kendali atas keuangan Anda adalah dengan membayar utang Anda, terutama utang berbunga tinggi. Bergantung pada situasi Anda, mungkin diperlukan waktu beberapa bulan atau tahun untuk melunasi utang. Akan tetapi, Anda akan lebih merasa lega setelah Anda mampu membuat kemajuan dengan melunasi utang-utang tersebut.

2. Anda Memiliki Tabungan yang Memadai

Salah satu tanda yang paling terlihat bahwa Anda mandiri secara finansial adalah ketika Anda mampu memiliki cukup tabungan untuk merasa aman. Hal ini termasuk dana darurat yang mencakup pengeluaran beberapa bulan, setidaknya biaya hidup Anda selama 6 bulan.

Tujuan dari hal ini adalah membuat Anda memiliki dana darurat yang cukup besar untuk menopang ketika hidup berubah secara tidak terduga. Selain itu, kondisi ini akan membantu Anda agar tidak hidup dari gaji ke gaji.

3. Anda Memiliki Banyak Aliran Penghasilan

Salah satu tanda paling umum bahwa Anda mandiri secara finansial adalah jika Anda mendapatkan banyak aliran pendapatan. Hal ini bisa termasuk memiliki pendapatan pasif atau memiliki properti sewaan yang sangat penting untuk membangun kekayaan dan memperoleh kemandirian finansial.

4. Anda Tidak Menghabiskan Uang untuk Pengeluaran yang Tidak Diperlukan

Pengeluaran yang tidak diperlukan dan sembrono dapat menahan Anda secara finansial dari waktu ke waktu. Saat Anda mencoba membangun kekayaan dan menjadi mandiri secara finansial, penting untuk menyadari bahwa hal ini bukan mengenai berapa banyak uang yang Anda hasilkan tapi aya yang Anda lakukan dengan uang tersebut.

5. Anda Tidak Lagi Stres Tentang Uang

Jika Anda memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki utang sama sekali, banyak tabungan, investasi, dan berbagai aliran pendapatan, maka besar kemungkinan Anda tidak akan stres tentang uang. Meski begitu, ada baiknya jika Anda tetap harus mencatat arus kas setiap bulan dan tabungan untuk digunakan kembali jika muncul keadaan darurat. Selain itu, Anda bisa terus meningkatkan investasi Anda dari waktu ke waktu. 

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa Anda sudah mandiri secara finansial. Apakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 22 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories