Ini Cara Sederhana Membangun Kebiasaan Baik dan Membuang Kebiasaan Buruk

Terapkan! 4 Cara Sederhana Membangun Kebiasaan Baik dan Membuang Kebiasaan Buruk (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Membangun kebiasaan baik dan konsisten melakukannya merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang. Membangun kebiasaan yang baru dan berbeda terasa sulit bagi sebagian orang dan mereka cenderung untuk kembali ke kebiasaan yang lama.

James Clear, seorang penulis asal Amerika dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits (Cara Mudah dan Terbukti untuk Membentuk Kebiasaan Baik dan Membuang Kebiasaan Buruk) mengungkapkan 4 cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membangun kebiasaan baik.

1. Membuat kebiasaan menjadi terlihat
Indra penglihatan manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap apa yang akan dilakukannya. Anda dapat memanfaatkan ini sebagai langkah Anda untuk membentuk kebiasaan baik yaitu membuatnya terlihat. Contohnya Anda ingin yoga rutin setiap pagi, maka jangan letakkan matras yoga Anda didalam gudang yang hanya Anda masuki sebulan sekali. Taruhlah matras di tempat yang mudah terlihat oleh Anda.

2. Membuat kebiasaan menjadi menarik
Buatlah sebuah sistem yang membuat kebiasaan baru yang ingin Anda bentuk menjadi menarik. Ingat, otak manusia memproduksi hormon dopamin yang berfungsi memberikan rasa bahagia ketika melakukan aktivitas yang disukai. Manfaatkanlah hal ini. 

Contohnya Anda ingin membangun kebiasaan memasak dan Anda suka mendengarkan podcast. Maka mulailah memasak sambil mendengarkan podcast. Hal ini juga berlaku untuk kebiasaan lain seperti berolahraga sambil mendengarkan musik dan lain-lain.

3. Membuat kebiasaan menjadi mudah
Kesalahan yang sering terjadi ketika membangun kebiasaan adalah menetapkan tujuan yang terlalu tinggi. Hal ini tentu membuat Anda lelah duluan sebelum memulai. Cobalah untuk membuat target yang lebih mudah dan realistis. 

Contohnya jika Anda ingin membangun kebiasaan baru membaca buku, jangan langsung mentapkan target untuk membaca selama 1 jam perhari, namun cobalah untuk membaca selama sepuluh menit sebelum tidur.

Baca Juga: 

4. Membuat kebiasaan menjadi memuaskan
Siapkan reward untuk diri Anda sebagai apresiasi jika Anda telah berhasil melakukan kebiasaan baru yang ingin Anda bentuk. Hal ini membuat kebiasaan Anda lebih menyenangkan dan memuaskan sehingga Anda akan termotivasi untuk melakukannya lagi di keesokan hari.

Nah, berikut tadi adalah 4 langkah sederhana untuk membangun kebiasaan baik dan membuang kebiasaan buruk. Semoga bermanfaat. 
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 24 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories