Ini 5 Hal yang Wajib Diajarkan Kepada Anak Usia Lima Tahun

5 Hal yang Wajib Diajarkan Kepada Anak Usia Lima Tahun (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Usia lima tahun, Anak biasanya sudah memasuki sekolah TK. Ini artinya, mereka sudah tidak lagi sepenuhnya berada di bawah pengawasan Anda.

Mereka sudah mulai mengembangkan diri mereka sendiri sesuai dunia yang mereka anggap cocok.

Sebagai orang tua, penting untuk menyiapkan skenario "bagaimana jika" untuk memastikan anak Anda selalu dalam keadaan aman meski tidak berada di sekitar Anda.

Baca Juga: 

Berikut adalah 5 hal yang wajib diajarkan kepada anak usia lima tahun.

1. Nama asli dan info kontak orang tua

Bayangkan Anda berhadapan dengan anak hilang di kerumunan. Jiwa orang tua Anda tentu akan berusaha membantunya menemukan orang tuanya. Biasanya pertanyaan yang Anda tanyakan seperti siapa nama mereka dan nama orang tua mereka. Tak jarang pula anak-anak ini tidak tahu nama orang tua mereka dan hanya menyebut ibu atau mama.

Berusahalah untuk membantu anak mengingat nama orang tua, alamat, dan nomor telepon.  Buatlah pertanyaan mendadak untuk mengetes ingatan mereka.

Nomor telepon mungkin sulit untuk dihafalkan oleh anak kecil jadi pilih satu nomor telepon yang paling penting untuk mereka ketahui.  Biasanya adalah nomor ponsel ibu bukan nomor telepon rumah.

Jika Anda merasa kesulitan, cobalah membuat lagu dari nomor telepon tersebut. Menghafal menggunakan lagu lebih mudah dilakukan oleh anak-anak.

2. Apa itu keadaan darurat dan bagaimana cara menelpon 112

112 adalah layanan darurat yang difasilitasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Layanan ini digunakan untuk melayani warga Indonesia dalam situasi darurat. Mirip seperti layanan 911 dari Amerika Serikat.

Program ini gratis dan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) yang terpasang pada kendaraan maupun perangkat, jadi lebih memudahkan petugas untuk mengetahui keberadaan petugas lapangan yang dekat lokasi kejadian agar mempercepat respons aduan.

3. Aturan pakaian dalam

Aturan pakaian dalam sangatlah sederhana. Setiap area tubuh yang tertutup pakaian dalam hanya boleh disentuh oleh ibu, ayah, atau dokter dengan ibu dan ayah yang juga berada disana.

Konsep pakaian dalam akan memudahkan anak untuk memvisualisasikan dan menentukan bagian mana yang bersifat pribadi. Hal ini tentunya bertujuan agar anak Anda terhindar dari tindak pelecehan seksual terhadap anak.

4. Tidak ada yang dirahasiakan dari ibu dan ayah

Sebagian besar anak kecil telah dikondisikan untuk mendengarkan dan patuh pada apapun yang diucapkan oleh orang dewasa.

Jadi Anda harus berusaha untuk membuat si kecil berlari dan bercerita kepada Anda setiap kali ada orang yang berusaha membuat "rahasia" dengan anak Anda.

Hal nomor 4 ini masih terkait dengan nomor 3 namun bisa juga digunakan untuk situasi lain.

Semua anggota keluarga harus mengetahui aturan ini jadi pastikan Anda juga tidak membuat rahasia dengan anak Anda yang lain seperti "rahasia belanja bersama kakak" dan sejenisnya.

5. Siapa saja orang yang aman

Tahukah Anda bahwa ada kasus-kasus dimana anak kecil meninggal dalam kebakaran karena rumah karena takut dan bersembunyi dari pemadam kebakaran yang berusaha menyelamatkan mereka.

Hal ini tentu masuk akal bagi anak kecil, mereka telah panik karena asap, api dan keramaian. Tiba-tiba muncul seseorang yang lebih tinggi dan besar dengan setelan tertutup termasuk di bagian wajah mereka.

Persiapkan anak-anak Anda dengan menunjukkan kepada mereka foto petugas pemadam kebakaran dengan perlengkapan lengkap dan memberi label petugas pemadam kebakaran sebagai penyelamat atau orang yang aman. Lakukan hal yang sama untuk petugas polisi dan anggota masyarakat lain.

Sejalan dengan itu, identifikasi juga siapa tetangga Anda yang bisa menjadi "orang aman" untuk anak Anda.

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai 5 hal yang wajib diajarkan kepada anak usia lima tahun. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 19 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories