Ini 5 Ciri-ciri Kurma Berkualitas Buruk yang Tidak Layak Dimakan

Waspada, Ini Ciri-ciri Kurma Berkualitas Buruk yang Tidak Layak Dimakan (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

MAKASSARINSIGHT.com - Buah kurma adalah salah satu buah yang banyak disajikan dan dikonsumsi ketika bulan Ramadan. Pada umumnya, buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa.

Meski begitu, ada baiknya jika Anda selalu memeriksa atau mengecek kualitas buah kurma sebelum mengonsumsinya. Anda bisa memeriksa kualitas buah kurma dengan melihat ciri-ciri kurma berkualitas buruk berikut ini.

Ciri-ciri Kurma Berkualitas Buruk yang Tidak Layak Dimakan

Ciri-ciri Kurma Berkualitas Buruk yang Tidak Layak Dimakan

Kurma dapat dikonsumsi langsung sendiri atau menggunakannya sebagai bahan masakan atau topping. Namun, sebelum Anda membeli banyak kurma sekaligus, Anda perlu mengetahui ciri-ciri kurma berkualitas buruk yang tidak layak dimakan, seperti berikut.

Baca Juga: 

1. Berubah warna

Kurma dapat membusuk dengan cara yang sama seperti buah-buah lainnya. Ciri-ciri pembusukannya juga cukup mudah dikenali yaitu mengalami perubahan warna. 

Tentu ada banyak varietas kurma yang berbeda dan semuanya memiliki warna yang unik. Akan tetapi, jika Anda memperhatikan kurma Anda berubah warna jauh lebih gelap daripada saat Anda pertama kali membelinya, itu artinya kurma sudah mulai membusuk.

2. Terdapat jamur

Pembentukan jamur adalah salah satu tanda pembusukan kurma yang paling jelas. Namun, karena kurma memiliki kadar air yang sangat rendah, ciri-ciri ini tidak terlalu sering Anda lihat.

3. Berlendir

Secara alami, buah kurma memang lengket. Akan tetapi, jika sudah membusuk atau berkualitas buruk maka kurma akan menjadi berlendir. Jika hal itu terjadi maka itu artinya Anda harus segera membuangnya.

4. Perubahan rasa

Sebagian besar tanda kurma yang busuk memang tidak tampak terlalu jelas. Oleh karena itu, Anda tidak boleh hanya mengandalkan penampilan untuk mengetahui apakah kurma tersebut sudah busuk atau belum.

Anda juga perlu mengetahui apakah ada perubahan rasa. Ketika masih segar, kurma memiliki rasa yang sangat manis yang bervariasi mulai dari rasa seperti karamel hingga rasa manis yang cukup tajam. Akan tetapi, jika kurma sudah terasa pahit atau asam, maka itu artinya kurma tersebut berkualitas buruk atau sudah busuk.

5. Perubahan bau atau aroma

Kurma yang masih segar memiliki bau atau aroma yang agak netral dan lembut. Namun, jika kurma sudah busuk, maka baunya akan menjadi sangat menyengat dan tidak enak. Kurma juga akan berbau alkohol karena terjadi fermentasi kandungan gulanya yang tinggi.

Baca Juga: 

Itu tadi beberapa ciri-ciri kurma berkualitas buruk karena sudah busuk.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 19 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories