HUT Satpol PP Jadi Momentum Memperkuat Peran Mendukung Suasana Daerah Kondusif dan Ramah Investasi

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengharapkan momentum Ulang Tahun Satpol PP ke-73 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61, menjadi bagian persembahan terbaik Satpol-PP dan Satlinmas bagi masyarakat Indonesia khususnya Kota Makassar.

Apalagi dalam Ultah kali ini mengangkat tema Mewujudkan Wilayah Tertib dan Ramah Investasi melalui Satpol-PP dan Satlinmas.

Olehnya, dia meminta khususnya Satpol-PP dan Satlinmas Makassar mewujudkan wilayah yang aman, tertib agar memudahkan investasi yang tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: 

Sejauh ini, kata dia, kinerja perangkat pengamanan di Makassar makin membaik buktinya pertumbuhan ekonomi Makassar naik, dari 4,47 persen pada 2021 menjadi 5,40 persen pada 2022.

Tak hanya itu, dirinya juga berpesan agar Satpol-PP dan Satlinmas terus mengawal keamanan lingkungan masyarakat menuju Pemilu serentak 2024.

“Selamat Ultah ke-73 Satpol PP dan ke-61 Linmas. Semoga dalam momentum Ultah ini terus memberikan persembahan terbaik dan rasa aman bagi masyarakat,” ucap Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto usai menghadiri kegiatan Ulang Tahun Satpol PP ke-73 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61, di Lapangan Karebosi, Jumat, (3/03/2023).

Sementara itu, Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo mengatakan sesuai arahan Presiden pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda maka tahun ini merupakan momentum penguatan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Amanat peran Satpol-PP dan Satlinmas untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan pemerintah pusat, Pemda dan masyarakat untuk melakukan kegiatannya dengan aman, tentram, dan tertib.

Sehingga diharapkan meningkatkan daya tarik berusaha bagi investor dan pengusaha lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

John menuturkan dari data tercatat tingkat inflasi di Indonesia pada 2022 sebesar 5,51 persen.

Angka itu lebih rendah dari perkiraan awal yakni sebesar 6 persen. Tingkat inflasi ini lebih baik dibanding negara barat dan negara Uni Eropa.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi sepanjang 2022 cukup impresif mencapai 5,3 persen.

“Tahun ini perekonomian Indonesia optimis cukup baik. Namun, tetap waspada karena proyeksi ekonomi global tajam. Dari 2,9 persen tahun 2022, menjadi 1,7 persen pada 2023,” kata Wamen, dalam sambutannya di sela-sela acara.

Baca Juga: 

“Saya berharap kepala daerah, baik gubernur, bupati/wali kota untuk melibatkan Satpol-PP dan Satlinmas dalam implementasi kebijakan investasi di daerah,” sambungnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, dia mengajak para Satpol-PP dan Satlinmas agar mengkonsolidasikan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di daerah dalam rangka Pemilu 2024.

“Saya meminta kepada gubernur, bupati/wali kota untuk berkoordinasi bersama jajaran Satpol-PP dan Satlinmas untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat sebelum, saat dan setelah pemungutan suara 2024,” pesannya. (M Yusuf)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories