Desa Rinding Allo di Luwu Utara Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriyani menerima penghargaan Anugerah Desa Wisata. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA -- Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, berhasil mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

 

Satu-satunya desa di Tana Luwu yang lolos dalam puncak ADWI 2023 ini meraih penghargaan nasional sebagai 10 Desa Wisata Terbaik kategori Homestay dan Toilet Umum.
Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf-RI), Sandiaga Uno.

 

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani hadir menerima penghargaan nasional tersebut pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia yang digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/8/2023) malam.

Baca Juga: 

"Alhamdulillah, kami hadir dan menerima langsung penghargaan untuk Desa Wisata Rinding Allo pada Malam Anugerah Desa Wisata 2023," kata Indah.

 

"Capaian ini tentu tidak terlepas dari hasil sinergi dan kolaborasi pentahelix seluruh stakeholder terkait dalam membangun kerja sama di Kabupatan Luwu Utara," terang bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

 

Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini pun menuturkan terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas yang terbangun, termasuk dukungan dari masyarakat.

 

"Terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas kita semua untuk pencapaian ini. Insya Allah, menjadi berkah bagi pariwisata dan masyarakat Luwu Utara," tutur bupati yang karib disapa IDP ini.

Baca Juga: 

Diketahui penilaian ADWI ini dibagi menjadi lima kategori, yaitu: (1) Daya Tarik Pengunjung; (2) Souvenir; (3) Homestay dan Toilet Umum; (4) Digital dan Kreatif; serta (5) Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

 

Satu kategori lain, Desa Wisata Terfavorit, pemenangnya ditentukan melalui like terbanyak video desa wisata di YouTube Kemenparekraf selama periode 21 – 25 Agustus 2023.
Sementara itu Menparekraf, Sandiaga Uno percaya bangkitnya pariwisata Indonesia dimulai dari desa, karena kekayaan alam, luhurnya adat dan budaya, serta semangat masyarakat di desa. (Rn)

Editor: Isman Wahyudi
Tags Desa Rinding Allo Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories