Coba Belajar dari Seni Perang Sun Tzu China Agar Bisnis Anda Sukses

Seni Perang Sun Tzu dari China dapat Membantu Kesuksesan Bisnis Anda (Wikipedia / Sun Tzu)

MAKASSARINSIGHT.com - Sun Tzu adalah seorang filsuf militer China kuno yang terkenal dan dihormati. Ia juga merupakan seorang penulis buku berjudul "The Art of War". Hingga sekarang buku ini masih menjadi bahan bacaan penting bagi para komandan militer. Namun ternyata, kebijaksanaan kuno Sun Tzu masih relevan untuk diterapkan di kehidupan abad sekarang ini terutama di bidang bisnis.

Ling Liat, seorang konsultan bisnis yang telah membantu bisnis-bisnis untuk berkembang dengan menggunakan filsafat Tiongkok kuno mengatakan bahwa filosofi China kuno dapat menyelesaikan semua masalah karena mereka menggunakan keharmonisan keragaman yang dibutuhkan untuk bisnis saat ini.

Seperti dilansir dari laman website Aventis Learning, Ling Liat mengatakan bahwa seni perang bukan hanya tentang peperangan. Tetapi lebih dari itu, seni perang adalah seni tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam hidup, menjadi pemenang yang konsisten, dengan kemampuan membunuh raksasa musuh.

Baca Juga: 

Seni perang memiliki kaitan yang erat dengan pola pikir pemenang. Pemenang harus mengetahui bagaimana menganalisis situasi untuk digunakan menyusun strategi. Pemenang dalam perang juga harus mampu membuat keputusan yang tepat untuk melakukan hal yang benar, pada waktu, tempat, dan orang yang tepat, dengan menggunakan sedikit usaha untuk meminimalkan resiko dan memaksimalkan dampak yang diinginkan.  

Seni perang Sun Tzu bebicara tentang pengembangan karakter dan kepemimpinan. Pemimpin yang baik harus mampu mengelola emosi dengan baik agar dapat memimpin orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Seni perang ini menunjukkan kepada kita bagaimana kesuksesan dapat dicapai meskipun sumber daya kita terbatas dan bagaimana kita bahkan dapat menggeser raksasa kompetitor di pasar bisnis kita.

Sun Tzu secara singkat menyebutkan perlunya membentuk aliansi atau menghancurkan aliansi lain. Membentuk aliansi yang tepat memungkinkan seseorang untuk mencapai strategi terbaik yang direkomendasikan Sun Tzu untuk menang.

Baca Juga: 

Kebijaksanaan kuno Sun Tzu dapat diterapkan dengan bijak pada dunia bisnis saat ini dimana ada hakim yang memutuskan siapa yang menang dan kalah yaitu pelanggan. Sun Tzu adalah filosofi Tiongkok kuno yang bisa membantu bisnis Anda. Seperti yang pernah dikatakan Sun Tzu "Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat menuju kemenangan dan taktik tanpa strategi adalah kebisingan sebelum kekalahan. 
 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 10 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories