Borong Lima Gol Saat City vs RB Leipzig, Pemain Itu Bernama Erling Braut Haaland

Striker Manchester City, Erling Haaland, merayakan gol pertamanya ke gawang RB Leipzig dalam leg II babak 16 besar Liga Champions di Etihad, Rabu 15 Maret 2023 dini hari WIB. (Twitter Manchester City)

MAKASSARINSIGHT.com—Jika Erling Haaland adalah robot, maka dia diprogram untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya. Ya, pemain asal Norwegia ini seperti tak mau berhenti mencetak gol sejak bergabung dengan Manchester City pada musim 2022/2023. 

Terakhir, Haaland memborong lima gol saat City menggunduli RB Leipzig dalam leg II babak 16 besar Liga Champions di Etihad, Rabu 14 Maret 2023 dini hari WIB. Hasil itu sekaligus mengantar The Citizens lolos ke perempat final dengan agregat 8-1.

Tak mudah atau bisa dibilang hampil mustahil mencetak quintrick di ajang bergengsi seperti Liga Champions. Sebelumnya, hanya dua pemain yang pernah melakukannya yakni Lionel Messi (Barcelona) saat melawan Bayer Leverkusen musim 2011/2012 dan Luiz Adriano (Shaktar Donetsk) saat menghadapi Bate Borisov musim 2014/2015. 

Pemain bernama lengkap Erling Braut Haaland ini tak menyangka bisa lima kali menjebol gawang lawan. Jumlah itu dianggapnya terlalu banyak dari yang bisa dia pikirkan. Sebelumnya pencapaian terbaik sang pemain dalam satu laga bersama City yakni hattrick. 

Baca Juga: 

Dia melakukannya di empat kesempatan. “Kekuatan super saya adalah mencetak gol. Sejujurnya, saya tidak menyangka bisa mencetak gol sebanyak ini. Yang saya coba lakukan hanyalah menendang bola ke gawang,” ujarnya dikutip dari BT Sport.  

Striker 22 tahun itu menyebut banyak gol tercipta karena dia berpikir cepat dan menempatkan bola di posisi gawang yang kosong. Dia pun tak peduli timnya sudah unggul jauh. Haaland tetap beringas mencetak gol dan tetap berselebrasi seperti biasa. “Saya sampai kelelahan melakukan selebrasi-selebrasi itu,” ujar Haaland.

Torehan lima gol ke gawang Leipzig membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak 30 gol dalam sejarah Liga Champions. Haaland mengoleksinya dalam usia 22 tahun dan 236 hari. Catatan ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kylian Mbappe dengan usia 22 tahun dan 352 hari.

Tak hanya itu, Haaland pun mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah City. Dia sudah menorehkan 39 gol, melampaui 38 gol Tommy Johnson pada musim 1928/1929.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 15 Mar 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories