Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Luwu Utara, Komisi V Dorong Peningkatan Status Pelabuhan Munte

Kunjungan Komisi V DPR RI ke Kabupaten Luwu Utara, Jumat (17/2/2023). (IST)

MAKASSARINSIGHT.com -- Komisi V DPR RI mendorong peningkatan status Pelabuhan Munte di Luwu Utara dari pelabuhan Lokal menjadi pelabuhan pengumpul

Hal itu disampaikan langsung Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan saat memimpin reses Komisi V DPR RI di Luwu Utara. Jumat (17/02/2023)

" Pelabuhan Munte sudah memperlihatkan prospek yang baik, kapal kapal sudah mulai masuk, sehingga kita butuh pengembangan fasilitas pelabuhan. Dari laporan yang kita terima saat ini yang bersandar itu kapal Gt nya masih 5000 dwt, nah untuk meng upgrade lebih dari 5000 dwt ini kedalamnya harus dimaksimalkan," jelas Andi Iwan Darmawan Aras saat menijau langsung kondisi Pelabuhan Munte.

Baca Juga: 

" Saat ini kedalaman nya masih lima meter, sedangkan untuk  kapal kapal besar diatas 5000 dwt bisa masuk itu kedalamnya harus tujuh meter." sambung Ketua Umum KADIN Sulsel Itu.

Maka dari itu lanjut Iwan Aras, harus ada perubahan desain dan peningkatan status pelabuhan, sehingga Komisi V mendorong hal itu dan berharap Kementerian Perhubungan untuk mengalokasikan anggaran untuk mengembangan pelabuhan Munta ini.

Sementara itu Anggota Komisi VDPR RI Muhammmad Fauzi 
menyampaikan jika setiap dirinya menghadiri kegiatan dengan Kementrian Perhubungan, Pelabuhan Munte selalu dia suarakan.

" Selalu saya menyebut Munte dan tidak bosan-bosan menyampaikan terkait munte, karena saya inginkan munte ini menjadi sesuatu yang ada dampaknya kepada masyrakat sekitar Munte pada khusunnya dan Luwu Utara secara umum," ungkap Fauzi.

Baca Juga: 

Pria yang akrab disapa Abang Fauzi itu juga meminta kepada rekanya sesama Anggota Komisi V untuk memperjuangkan bagaimana pelabuhan Munte ini bisa segera ditingkatkan. (*)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories