Bisa Dicoba, Ini 3 Langkah Atasi Stres Ala Ayurveda

Pakar: 3 Langkah Mengatasi Stres dari Sudut Pandang Pengobatan Tradisional India, Ayurveda (Website / Nimba Nature)

MAKASARINSIGHT.com - Semua orang pernah mengalami stres dan hal tersebut umum terjadi. Stres memang bagian alami dari kehidupan, namun stres yang tidak dikelola dengan baik akan mengganggu hari-hari seseorang. 

Beragam strategi, terapi, dan pengobatan terus ditemukan untuk mengatasi stres agar seseorang bisa merasa lebih baik. Salah satunya adalah Ayurveda. Ayuverda adalah sistem pengobatan tradisional dari India yang telah ada lebih dari 5 ribu tahun yang lalu. 

Konsep dasar pengobatan Ayurveda adalah gagasan bahwa kesehatan bergantung pada keseimbangan antara pikiran, tubuh, dan jiwa. 

Baca Juga: 

Dikutip dari laman Medical Daily, Direktur rumah sakit Nagarjuna Ayuverda di negara bagian Kerala India Selatan Dr.Pallatheri Nambi Namboodiri menyebut Ayuverda masih relevan untuk digunakan hingga saat ini.

"Ayurveda memiliki pendekatan holistik, serta disesuaikan untuk segala sesuatu. Ini membuat ilmu ini sangat penting dan relevan bahkan di dunia saat ini. Karena setiap orang berbeda dan unik, mengapa kita harus memiliki pendekatan 'satu ukuran cocok untuk semua'? Ayurveda berfokus untuk memenuhi kebutuhan yang disesuaikan itu," katanya.

Stres dalam Ayurveda

Langkah awal mengatasi stres adalah dengan memahami apa penyebabnya. Stres bisa berasal dari berbagai sumber seperti pekerjaan, hubungan, masalah kesehatan, dan masalah keuangan.

Menurut Dr. Namboodiri, stres adalah “keadaan tertekan” pikiran ketika menghadapi kesulitan untuk menangani peristiwa hidup tertentu. Alasan lain untuk stres adalah "raga" keinginan untuk memiliki lebih banyak dalam hidup.

Meskipun Ayurveda menggunakan berbagai perawatan untuk mengelola stres, kunci utamanya terletak pada hidup yang selaras dengan alam.

Lebih lanjut Dr. Namboodiri menyebut pendekatan Ayurveda terhadap stres ada dalam tiga tahap. 

1. Ahara (Kebiasaan Makan)

Kebiasaan makan ini meliputi jenis makanan yang tepat, jumlah makanan yang pas, dan waktu yang tepat untuk makan. 

2. Vihara (Gaya Tidur)

Meliputi kapan Anda pergi tidur, berapa jumlah jam tidur, kapan Anda bangun tidur, kapan Anda bangun tidur, kapan olahraga, berapa lama Anda berolahraga. 

3. Abhyanga

Yang ketiga atau terakhir adalah pengobatannya. Bisa berupa abhyanga (pijat khusus), siro vasti (membiarkan minyak tetap di kepala) siro dhara (menuangkan minyak di dahi. Langkah-langkah ini dinilai bisa mengatasi stres.

Baca Juga: 

Tips Gaya Hidup untuk Menghilangkan Stres

Menyesuaikan kebiasaan gaya hidup tertentu seperti tidur yang cukup dan makanan yang tepat dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Ayurveda menganggap mengonsumsi makanan yang tepat dapat berfungsi sebagai obat. Untuk mengurangi stres, para ahli merekomendasikan untuk memasukkan pola makan yang kaya akan produk organik segar, biji-bijian, dan protein vegetarian.

Rutinitas harian yang baik, terutama keteraturan pola tidur dan pola makan, dapat membantu menjaga keseimbangan. Berlatih latihan pernapasan, meditasi, mendengarkan musik yang menenangkan, dan penggunaan aroma terapeutik juga dapat membantu menghilangkan stres.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 27 Aug 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories