Bisa Diamati, Ini Tanda Anak Anda punya Sifat Perfeksionis

Photo by Maggie My Photo Album: https://www.pexels.com/photo/girl-wearing-white-floral-dress-beside-grass-plant-at-daytime-1134062/ (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Anak perfeksionis biasanya memiliki ekspektasi tinggi pada diri mereka sendiri. Mereka akan cenderung mengharapkan semua berjalan sempurna.

Anak perfeksionis akan cenderung menetapkan tujuan yang tidak realistis untuk diri mereka sendiri. Kemudian, mereka akan memberi tekanan besar pada diri mereka sendiri untuk mencoba dan mencapai tujuan mereka. Mereka terlibat dalam pemikiran semua atau tidak sama sekali.

Jika tak sesuai dengan harapan, anak yang perfeksionis akan menyatakan pencapaian mereka sebagai kegagalan yang menyedihkan ketika mereka gagal mencapai tujuan mereka.

Ironisnya, ketika mereka berhasil mereka masih akan berjuang untuk menikmati pencapaian mereka. Anak perfeksionis sering menganggap prestasi mereka sebagai keberuntungan dan khawatir mereka tidak akan dapat mengulangi hasil atau mempertahankan tingkat kesuksesan mereka.

Baca Juga: 

Tanda anak memiliki sikap perfeksionis rupanya muncul sejak dini. Adapun gejala perfeksionisme yang muncul pada anak di usia dini antara lain adalah anak sulit menyelesaikan tugas karena merasa pekerjaannya tidak pernah cukup baik.

Selain itu, anak yang perfeksionis akan cenderung mengalami kecemasan tinggi seputar kegagalan, punya kepekaan tinggi terhadap kritik, serta memiliki toleransi frustrasi yang rendah ketika terjadi kesalahan.

Hal lain yang muncul pada anak yang memiliki sifat perfeksionis adalah menunda-nunda untuk menghindari tugas-tugas yang sulit. Ia juga akan terlihat mengkritik diri sendiri, lebih sadar diri, dan mudah malu.

Terakhir, anak yang perfeksionis akan kesulitan membuat keputusan atau memprioritaskan tugas dan akan sangat kritis terhadap orang lain.

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rizky C. Septania pada 06 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories