Bikin Ngeri!!! Elon Musk Khawatir AI Kontrol Manusia

Waspada! Elon Musk Peringatkan Bahwa AI Mampu Mengontrol Manusia

MAKASSARINSIGHT.com - Bos Tesla sekaligus mantan CEO Twitter Elon Musk memang dikenal cukup vokal apalagi soal perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Baru-baru ini Elon Musk dikabarkan memberi peringatan lagi mengenai risiko AI.

Seperti dilansir dari Gizchina, Elon Musk menyatakan bahwa teknologi pada umumnya berpotensi mengendalikan manusia. Jadi, manusia harus berhati-hati sejauh mana manusia memilih untuk maju dengan AI.

Secara khusus, Elon Musk mengklaim bahwa AI mungkin mampu mengendalikan manusia di masa depan. Meskipun hal itu mungkin tidak akan menghancurkan dunia, tapi itu adalah sebuah kemungkinan dan sebaiknya kita tidak mengabaikannya begitu saja.

Baca Juga: 

Elon Musk juga mengklaim bahwa AI dapat mengambil alih semua keamanan manusia dan menjadikan dirinya seolah semacam pengasuh super.

“Kecerdasan buatan tingkat lanjut berisiko menghilangkan atau membatasi perkembangan manusia. Superintelligence adalah 'pedang bermata dua'. Jika Anda memiliki jin yang dapat memberdayakan Anda dengan apa saja, itu bahaya,” kata Elon Musk seperti yang dikutip dari Gizchina, 25 Mei 2023.

Diketahui saat ini perusahaan Elon Musk juga mengerjakan teknologi AI, tapi ia mengklaim selalu mewaspadai teknologi tersebut. Bahkan, pada Maret lalu, Elon Musk menandatangani surat terbuka yang menyerukan moratorium pengembangan AI tingkat lanjut.

Tidak hanya Elon Musk, mantan CEO Google Eric Schmidt juga mewaspadai pengembangan AI. Dia mengklaim bahwa konsekuensi dari pengembangan AI yang buruk bisa sangat berdampak bagi umat manusia.

Baca Juga: 

Schmidt juga menyatakan bahwa sistem AI menjadi lebih rumit daripada yang dapat dipahami sepenuhnya oleh orang-orang, dan perusahaan terus memperkenalkan produk baru tanpa memahami sepenuhnya ancaman dari AI. Dia percaya bahwa hal ini dapat menimbulkan tantangan tersendiri dan telah memperingatkan bahwa kita perlu berhati-hati saat memperkenalkan produk baru.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 25 May 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories