Baca!!! Arti Verifikasi Centang Emas, Abu-abu, dan Biru di Twitter

Ternyata Ini Arti Tanda Verifikasi Centang Emas, Abu-abu, dan Biru di Twitter (Pexels.com/Brett Jordan)

MAKASSARINSIGHT.com - Twitter adalah salah satu media sosial yang populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Sejak Elon Musk menjadi CEO baru dari Twitter, telah terdapat berbagai kebijakan atau fitur baru di Twitter, termasuk beberapa versi baru dari centang biru klasik.

Diketahui, saat ini sudah ada tiga warna tanda verifikasi di Twitter, yaitu emas, abu-abu, dan biru. Namun, Twitter yang telah merilis Twitter Blue berbayar dan menampilkan tanda centang baru juga berpotensi membingungkan banyak orang.

Baca Juga:

Dengan peluncuran versi baru dari Twitter Blue dan tanda centang biru untuk semua orang, Twitter juga meluncurkan warna tanda centang baru untuk mencoba dan memastikan agar sistem di Twitter tidak disalahgunakan.

Arti Tanda Verifikasi Centang Emas, Abu-abu, dan Biru di Twitter

Seperti yang dilansir dari laman The Independent, mulai saat ini akan ada tiga warna yaitu emas, perak, dan abu-abu yang muncul dan ditentukan sesuai dengan status akun.

Tanda centang verifikasi warna emas diterapkan untuk perusahaan atau akun bisnis yang telah terverifikasi. Hal ini dilakukan agar akun bisnis tersebut dapat berkomunikasi dengan pelanggan, dan agar pelanggan memahami bahwa akun tersebut terpercaya.

Tanda centang verifikasi warna emas ini juga akan berlaku untuk lebih sedikit akun daripada tanda centang biru yang pernah ada. Tanda centang emas baru lebih diperuntukkan bagi sebuah organisasi, bukan individu seperti selebritas atau jurnalis.

Sedangkan tanda centang warna abu-abu adalah untuk akun pemerintah yang terverifikasi atau akun yang berafiliasi dengan pemerintah. Twitter sebenarnya telah lama memberikan tanda verifikasi berupa centang biru ini tetapi juga menandainya dengan cara lain, seperti menempatkan afiliasi pemerintah mereka di tweet mereka, sehingga pembaca dapat mengetahui bahwa postingan tersebut sah tetapi juga dapat menjadi pesan pemerintah.

Pengguna juga dapat mengklik tanda centang tersebut untuk mengetahui apakah akun tersebut diverifikasi karena membayar untuk Twitter Blue atau karena akun tersebut adalah salah satu akun lama yang sudah diverifikasi. 

Itu tadi penjelasan mengenai arti tanda verifikasi centang emas, abu-abu, dan biru di Twitter.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories