Apple Hentikan Produksi untuk Beberapa Item Gadget, Ini Daftarnya...

Ilustrasi produk iPhone (iPhone inc)

MAKASSARINSIGHT.com  - Tahun berganti, begitu pula dengan produk-produk dari Apple. Tahun ini Apple akan menghentikan beberapa produk unggulannya untuk memberi ruang bagi gadget baru.

Salah satu yang dihentikan oleh Apple di 2023 ini adalah iPhone 11 dan ponsel yang tidak mendukung jaringan 5G. Tak hanya iPhone 11, ada beberapa perangkat yang akan dimatikan oleh Apple. Apa saja?

Apple Watch Series 3

Diperkenalkan pada tahun 2017, Apple Watch Series 3 adalah arloji pintar Apple pertama yang dapat dikenakan dengan koneksi LTE. Meskipun Apple Watch ini jauh lebih cepat dari pendahulunya, produk ini bertahan dalam ujian waktu karena baterainya tahan lama.

Apple menghentikan Apple Watch Series 4, Series 5, dan Series 6 sebelum menghentikan Apple Watch Series 3 bersama Series 7.

Arloji pintar ini mendukung watchOS 8, dan itu adalah salah satu opsi termurah bagi penggunaa yang mencari perangkat Apple untuk dipakai, demikian dikutip dari BGR, Senin, 2 Januari 2023.

iPhone 11 dan era non-5G

Diumumkan pada tahun 2019, iPhone 11 adalah opsi termurah di situs web perusahaan untuk iPhone dengan layar hampir tanpa bezel. Selain model iPhone SE, ini adalah model terakhir dengan layar LCD dan tanpa dukungan 5G.

Saat ini, semua iPhone yang dijual perusahaan menawarkan dukungan 5G, layar OLED (kecuali SE), dan varian versi reguler, baik model Mini maupun model Plus.

Apple TV HD

Diluncurkan pada 2015, Apple TV HD menggunakan chip A8 dengan arsitektur 64-bit. Selama masa pakainya, dekoder ini mengalami beberapa perubahan jarak jauh.

Namun setelah perusahaan memperkenalkan Apple TV 4K baru pada akhir tahun 2022 dalam dua ukuran berbeda, perusahaan tersebut sepenuhnya merangkul era 4K.

Konon, dekoder HD masih mendukung tvOS 16. Jadi, meskipun Apple tidak menjualnya lagi, penggunanya masih dapat memanfaatkan semua aplikasi dan layanan yang tersedia untuk sistem operasi dekoder perusahaan.

iPod Touch

Pada tahun 2022, Apple akhirnya resmi membunuh iPod touch. Tidak heran jika perangkat ini dihentikan, sebab Apple tidak meluncurkan selama beberapa tahun, mereka juga tidak menjual iPod lagi di toko resminya.(*)

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 02 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Tags iPhone 14 Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories