Apa Itu Rights Issue dalam Dunia Bisnis? Yuk Simak Penjelasannya

Mengenal Istilah Rights Issue dalam Dunia Bisnis (https://img.freepik.com/free-photo/side-view-cropped-unrecognizable-business-people-working-common-desk_1098-20474.jpg?w=2000)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - Dalam dunia bisnis, "rights issue" merujuk pada tawaran saham tambahan yang diberikan kepada pemegang saham saat ini oleh perusahaan yang sudah terdaftar. Hal ini memberikan hak kepada pemegang saham untuk membeli saham tambahan dengan harga diskon dari harga pasar saat ini.

Hal-hal seputar rights issues yang perlu Anda ketahui:

Penyertaan Tambahan Modal

Tujuan utama dari "rights issue" adalah untuk mengumpulkan tambahan modal bagi perusahaan. Dengan menjual saham tambahan kepada pemegang saham yang sudah ada, perusahaan dapat mengumpulkan dana tanpa harus mencari investor baru.

Baca Juga: 

Hak Prerogatif Pemegang Saham Saat Ini

Pemegang saham saat ini memiliki hak "prerogatif" atau hak prioritas untuk membeli saham tambahan sebelum saham tersebut ditawarkan kepada publik atau investor lainnya. Hal ini memberikan keuntungan kepada pemegang saham yang sudah ada.

Diskon Harga Saham

Saat perusahaan menerbitkan saham tambahan melalui rights issue, umumnya harga sahamnya ditawarkan dengan diskon dari harga pasar saat itu. Diskon ini bertujuan untuk mendorong pemegang saham saat ini untuk menggunakan haknya dan membeli saham tambahan.

Penguatan Modal dan Likuiditas

Rights issue dapat membantu perusahaan memperkuat struktur modalnya dan meningkatkan likuiditas. Dana yang diperoleh dari rights issue dapat digunakan untuk melunasi hutang, melakukan investasi, atau membiayai ekspansi bisnis.

Dilusi Pemegang Saham Saat Ini

Meskipun rights issue memberikan kesempatan untuk memperoleh saham tambahan, hal ini dapat menyebabkan dilusi bagi pemegang saham saat ini. Dilusi terjadi karena adanya penambahan saham baru yang dapat membagi kepemilikan perusahaan di antara lebih banyak pemegang saham.

Baca Juga: 

Persetujuan Pemegang Saham

Keputusan untuk meluncurkan rights issue umumnya memerlukan persetujuan mayoritas pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Rights issue adalah strategi yang umum digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan dana tambahan tanpa harus mencari sumber pendanaan eksternal. Namun, keberhasilannya tergantung pada dukungan dan partisipasi pemegang saham saat ini.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 08 Jan 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories