Apa Itu Psikolog Bisnis? Ini Penjelasannya

Mengenal Psikolog Bisnis (Pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Memutuskan untuk menjalankan bisnis artinya Anda dipaksa untuk memikirkan kembali cara-cara yang digunakan untuk mencapai tujuan bisnis. Apakah sudah cukup efektif?

Selain itu, sebagai seorang pemimpin dalam bisnis Anda, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki tim dan fokus yang tepat untuk menavigasi jalan bisnis Anda ke depannya.

Memang tidak mudah karena memimpin adalah tugas yang kompleks dan memerlukan kerja keras. Namun, Anda dapat menangani permasalahan ini melalui psikolog bisnis.

Melansir dari laman website Psychology Today, psikolog bisnis adalah seseorang yang memanfaatkan wawasan psikologis untuk membantu individu, tim, dan tempat kerja beroperasi secara lebih efektif.

Baca Juga:

Mereka juga membantu para eksekutif untuk memimpin dengan baik dan tepat, sehingga fungsi dan kinerja tim juga akan meningkat.

Psikolog klinis memiliki berbagai spesialisasi mulai dari psikologi organisasi, psikologi klinis, hingga psikologi komunitas.

Seorang psikolog klinis harus mampu memahami individu dan sistem, dinamika bisnis, bahkan memiliki perspektif tentang bagaimana bisnis beroperasi.

Namun, seorang psikolog bisnis tidak perlu menjadi pakar industri untuk membantu seorang pemimpin atau bisnis karena hal-hal seperti nasihat tentang keuangan tidak masuk dalam lingkup tugas mereka.

Pada intinya, psikolog bisnis menggunakan wawasan dari ilmu psikologi, ilmu saraf, dan bisnis untuk mendorong efektivitas dan kesejahteraan tempat kerja di tingkat individu, tim dan organisasi. 

Baca Juga:

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 01 Apr 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan

Related Stories