Apa Itu Infused Water? Ini 4 Langkah Membuatnya

Ilustrasi Infused Water (pexels)

MAKASSARINSIGHT.com - Meminum air putih secara teratur, memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Air putih dapat menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, meningkatkan konsentrasi dan membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Dalam sehari konsumsi air putih pada orang dewasa disarankan sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml atau setara dengan 2 liter air.

Tak melulu air putih, ada cara baru minum air putih agar Anda tidak bosan. Yaitu dengan membuat infused water. Infused water adalah air hasil rendaman buah-buahan, sayuran, atau rempah-rempahan. Tak hanya tawar, Air minum Anda menjadi lebih berasa dan bernutrisi karena memperoleh kandungan dari endapan buah, sayuran, atau rempah dalam kandungan infused water. Anda tidak perlu lagi menambahkan gula pada infused water Anda.

Berikut 4 langkah sederhana membuat infused water

1. Siapkan peralatan
Untuk membuat infused water Anda membutuhkan :
- Tumbler atau botol minum
- Air mineral / air siap minum

2. Siapkan bahan 
Anda dapat memakai beragam buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai bahan infused water. Buah yang biasa dipakai untuk infused water diantaranya adalah 
- Jeruk Nipis
jeruk nipis adalah sumber antioksidan yang baik, sehingga membuat infused water menggunakan bahan ini akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. 
- Mentimun 
- Semangka 
- Nanas 
- Strawberry 
- Kiwi 
- Daun Mint 
Sebagian resep infused water memang menggunakan daun mint untuk memberikan rasa dingin dan segar. Sehingga minuman ini menjadi lebih nikmat untuk diminum apalagi saat cuaca panas.

3. Cuci dan Potong Bahan Infused Water
Setelah Anda selesai menyiapkan peralatan dan bahan saatnya Anda mencuci bersih bahan infused water Anda dan memotong-motongnya sesuai selera. Setelahnya, Anda dapat memasukannya ke dalam tumbler atau botol minum yang telah Anda siapkan tadi.

Baca Juga: 

4. Masukkan ke dalam Kulkas 
Setelah semua siap masukkan tumbler atau botol minum ke dalam kulkas. Agar kandungan bahan-bahan infused water lebih terserap oleh air. Durasi mendiamkan botol infused water ke dalam kulkas ini bervariasi tergantung bahan yang Anda gunakan. Anda bisa mulai di 2 jam hingga 24 jam. Setelahnya Infused water siap diminum.

Nah berikut tadi adalah langkah membuat infused water, minuman sehat untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 15 Jan 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories