Ada di Indonesia, Ini 10 Pulau Terbaik di Dunia

Great Barrier Reef, Australia ((unesco.org/Evergreen))

MAKASSARINSIGHT.com--Berlibur ke sebuah pulau bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Sejumlah pulau acapkali menawarkan wisata alam yang natural serta tantangan seru yang tak didapatkan dari wisata di tengah perkotaan. 

Tak hanya itu, berlibur di pulau menawarkan ketenangan, sebuah hal yang langka bagi warga kota dengan hiruk pikuknya. Media pariwisata asal New York, Travel and Leisure baru saja merilis deretan pulau terbaik di dunia tahun 2023. Berikut ulasannya.

10 Pulau Terbaik di Dunia Tahun 2023

1. Great Barrier Reef

Dilansir dari unesco.org, Great Barrier Reef (Terumbu Karang Besar) adalah suatu tempat yang sangat beragam dan indah di pantai timur laut Australia. Tempat ini memuat koleksi terumbu karang terbesar di dunia, dengan 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan, dan 4.000 jenis moluska.

Tempat ini juga menarik minat ilmiah yang besar karena menjadi habitat bagi spesies seperti dugong (seekor “sapi laut”) dan penyu hijau besar, yang keduanya terancam punah.

Baca Juga: 

2. Maladewa

Maladewa atau dikenal dengan Maldives, merupakan sebuah negara kepulauan yang letaknya di Samudra Hindia, sebelah barat daya Sri Lanka dan India. Negara ini terdiri dari hampir 1.200 pulau yang tersebar di sekitar 26 atol karang. Maladewa terkenal oleh keindahan alamnya, terumbu karangnya yang memukau, serta pantai-pantainya yang berpasir putih.

3. Bali

Pantai Kuta di Sore Hari (Wikipedia.org)

Dikutip dari indonesia.travel.id, daya tarik utama Pulau Bali terdapat pada wisata pantainya. Deretan pantai yang ada di Bali memiliki keunikan dan pesonanya tersendiri. Salah satu pantai yang paling populer di Bali yaitu Pantai Kuta. Pantai berpasir putih ini terkenal karena ombaknya yang besar sekaligus menjadi surga bagi para peselancar.

4. Madeira

Maderia terkenal dengan iklimnya yang nyaman sepanjang tahun, sehingga sering dijuluki “musim semi abadi.” Bunga-bunga mekar di setiap sudut pulau, dan kebun-kebun serta taman-taman di sini menghadirkan pesona tersendiri.

Air terjun yang menakjubkan mengalir di antara tebing-tebing subur dan bukit-bukit hijau yang dipenuhi desa-desa beratapkan terracotta, setiap bangunan seolah-olah berada pada tingkat yang berbeda untuk menjaga pemandangan tetap terbuka.

5. Phuket

Pulau ini merupakan pulau terbesar di Thailand, terletak di sepanjang laut Andaman. Phuket memiliki pengaruh besar dari komunitas Tionghoa, sehingga Anda akan melihat banyak kuil Tionghoa dan restoran Tionghoa di sekitar kota.

Dilansir dari tourismthailand.org, festival Vegetarian Tionghoa diadakan setiap tahun di sana. Meskipun komunitas Tionghoa besar, ada banyak etnis lain yang membawa tradisi dan festival dari berbagai belahan dunia ke Phuket.

6. Skye and the Hebrides

Pulau ini memiliki pemandangan menawan. Di sinilah lautan yang bergelombang dari Samudra Atlantik bertabrakan dengan garis pantai yang megah, berpanjang ratusan mil, dengan medan geologi yang kompleks yang dihiasi oleh batu-batu kasar dan tebing laut yang kokoh yang terputus oleh ribuan teluk yang teduh dan, di bagian barat jauh, garis pantai pasir yang melengkung panjang.

7. Koh Samui

Pulau Koh Samui (Wikipedia.org)

Samui merupakan pulau terbesar ketiga di Thailand dan terbesar di antara lebih dari 80 pulau dalam sebuah kepulauan yang mencakup Taman Nasional Laut Ang Thong, surga kayak dan destinasi wisata harian dari Ko Samui.

Dikutip dari tourismthailand.org, meskipun ukurannya cukup kecil sehingga bisa dielilingi dalam beberapa jam dengan sepeda motor atau mobil, pulau ini menawarkan beragam pantai dan aktivitas sehingga mustahil untuk mengalami semuanya dalam satu kunjungan.

8. Dominica

Dominica merupakan pulau yang terletak di Karibia Timur, di antara Kepulauan Leeward dan Kepulauan Windward. Dominika dikenal sebagai “Pulau Cemara Kuning” sebab keindahan alamnya yang memukau, terutama hutan hujan tropisnya yang lebat dan gunung-gunungnya yang menjulang tinggi. Pulau ini dikelilingi oleh pantai-pantai berpasir hitam yang unik, yang merupakan hasil dari aktivitas vulkanik di masa lalu.

9. Langkawi

Pulau legendaris ini terletak di laut Andaman yang membatasi Thailand. Dilansir dari malaysiaairlines.com, pulau ini memiliki banyak armada kapal pesiar populer yang membawa para wisatawan mengelilingi pulau batu kapur 99 karstnya.

Sebagian daya Tarik dari Langkawi yaitu mitologi yang mengelilingi pulau ini. Salah satu kisah paling populer ialah legenda Mahsuri, seorang wanita yang kabarnya telah mengutuk pulau ini selama tujuh generasi.

Baca Juga: 

10. Boracay

Pulau Boracay

Filipina dikenal sebagai salah satu surga pantai yang begitu memukau di seluruh dunia. White Beach menampilkan keindahan yang menakjubkan, dengan air laut yang bening dan pasir putih yang lembut.

Pantai ini dipenuhi dengan keindahan alam, langit cerah berwarna biru dan ombak yang menenangkan. Pemandangan matahari terbenam di White Beach juga sangat menawan, menciptakan panorama langit yang memukau.

Itulah 10 pulau terbaik di dunia tahun 2023, buat Anda yang ingin berlibur, bisa mengunjungi salah satu pulau tersebut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 29 Jul 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories