Ada Benda Aneh yang Lebih Panas dari Matahari Mengorbit dengan Kecepatan Sangat Tinggi, Apa Itu?

Ilustrasi (NASA)

MAKASSARINSIGHT.com - Benda langit yang aneh dan super panas memecahkan rekor dan menantang pemahaman para astronom tentang batas antara bintang dan planet.

Objek yang disebut WD0032-317B, adalah katai coklat - sejenis "protobintang" gas yang terang. Katai coklat biasanya memiliki komposisi atmosfer yang mirip dengan Jupiter tetapi berukuran 13 hingga 80 kali lebih besar. 

Pada ukuran itu, benda-benda ini mulai memadukan isotop hidrogen di intinya. Namun, mereka tidak cukup masif untuk memicu jenis fusi bintang mandiri penuh yang memberi kekuatan pada bintang seperti matahari kita. Sebagai gambaran   bayangkan arang yang membara dengan oven berbahan bakar kayu yang menyala.

Katai coklat biasanya terbakar pada suhu sekitar 2.200 derajat Celcius. Itu cukup keren dibandingkan dengan kebanyakan bintang, yang suhu permukaannya mencapai sekitar  3.700 C.

Baca Juga: 

TETapi WD0032-317B, yang berjarak 1.400 tahun cahaya dari Bumi, tidak seperti kebanyakan katai coklat. Para peneliti mengukur suhu permukaan objek dan menemukan bahwa suhunya  7.700 C. Itu cukup panas bagi molekul-molekul di atmosfernya untuk terurai menjadi atom komponennya. Itu juga beberapa ribu derajat lebih panas dari permukaan matahari kita. Hal tersebut diungkap dalam sebuah makalah yang diterbitkan ke database pracetak arXiv dan diterima oleh jurnal Nature Astronomy dan dikutip Live Science Kamis 22 Juni 2023.

Ini seharusnya mustahil untuk katai coklat. Namun para peneliti menemukan bahwa objek tersebut mendapat bantuan dari bintang yang diorbitnya.  WD0032-317B sangat dekat dengan mataharinya, sehingga tahunnya hanya berlangsung selama 2,3 jam. 

Baca Juga: 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 22 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories