Waspada, Badai Matahari Raksasa Sedang Meluncur ke Bumi

Jumat, 04 Oktober 2024 05:02 WIB

Penulis:Isman Wahyudi

Editor:Isman Wahyudi

badai matahari.jpg
Lontaran suar besar matahari (lingkaran putih) (NASA)

MAKASSARINSIGHT.com - Matahari baru saja melepaskan salah satu ledakan surya terbesarnya dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena memuntahkan coronal mass ejection (CME) yang kemungkinan akan menabrak planet kita akhir pekan ini.

Matahari telah melepaskan semburan matahari atau suar kelas X yang sangat besar pada Selasa 1 Oktober 2024. Suar tersebut memiliki kekuatan X7,1. Ini  menjadikannya ledakan matahari terkuat kedua dalam siklus matahari saat ini. Untuk diketahui Siklus Matahari 25 dimulai pada tahun 2019. Suar terkuat adalah ledakan dahsyat berkekuatan X8,7 pada bulan Mei  yang merupakan suar terkuat dalam tujuh tahun terakhir.

Radiasi dari semburan super kuat hari Selasa melewati perisai magnetik Bumi, atau magnetosfer. Kemudian mengionisasi bagian atas atmosfer atas. Ini menyebabkan pemadaman radio sementara di atas sebagian besar Samudra Pasifik, termasuk Hawaii. Ledakan itu juga melontarkan coronal mass ejection (CME) ke luar angkasa. CME adalah awan plasma dan radiasi yang bergerak cepat. 

Baca Juga: 

NASA sebagaimana dikutip Spaceweather.com Kamis 3 Oktober 2024 memprediksi gelombang itu akan bertabrakan dengan Bumi pada hari Sabtu 5 Oktober 2024.

Ketika CME menghantam planet kita, kemungkinan akan memicu gangguan di magnetosfer yang dikenal sebagai badai geomagnetik. Ini memungkinkan partikel matahari menembus jauh ke dalam atmosfer dan memicu tampilan aurora yang cemerlang di lintang yang sangat rendah. Badai geomagnetik serupa terjadi pada pertengahan Agustus setelah suar kelas X lainnya melemparkan CME tepat ke arah kita .

Letusan matahari terbaru adalah tanda lain bahwa kita mungkin telah memasuki maksimum matahari. Yakni puncak siklus matahari yang berlangsung sekitar 11 tahun yang terjadi tepat sebelum medan magnetnya berubah total .

Prediksi Salah

Para ilmuwan awalnya meramalkan bahwa puncak matahari akan dimulai tahun depan dan akan kurang aktif dibandingkan puncak-puncak siklus matahari sebelumnya. Namun, dengan cepat menjadi jelas bahwa puncak eksplosif matahari akan tiba lebih cepat dan akan lebih aktif daripada yang diharapkan. Ini  memaksa para peneliti untuk memperbarui prakiraan mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka .

Tahun 2024 telah dipenuhi dengan aktivitas matahari. Pada bulan Mei, planet kita mengalami badai geomagnetik terkuatnya selama 21 tahun setelah serangkaian CME, yang berpotensi memicu aurora paling luas selama 500 tahun. Dan pada bulan Agustus, jumlah bintik matahari yang terlihat mencapai jumlah tertinggi dalam 23 tahun.

Baca Juga: 

Sejauh tahun ini, matahari telah melepaskan total 41 jilatan matahari kelas X. Ini  lebih banyak dari gabungan sembilan tahun terakhir.

Selama beberapa bulan ke depan, jumlah badai geomagnetik dan aurora juga dapat meningkat lebih jauh. Hal ini  karena medan magnet Bumi menjadi lebih selaras dengan angin matahari di sekitar ekuinoks musim gugur.

Selama sisa periode maksimum matahari, yang dapat berlangsung setidaknya selama satu tahun lagi, ada kemungkinan besar matahari melepaskan badai matahari yang lebih dahsyat lagi yang setara dengan Peristiwa Carrington tahun 1859. 

Badai matahari terkuat yang pernah tercatat. Jika badai seperti itu menghantam kita hari ini, hal ini dapat mengganggu infrastruktur berbasis darat, seperti jaringan listrik, dan melumpuhkan sebagian besar satelit kita yang berpotensi menyebabkan kerugian triliunan dolar.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 04 Oct 2024