Kondisi Cuaca Tak Menentu, Ini Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Senin, 16 September 2024 14:10 WIB

Penulis:Isman Wahyudi

Editor:Isman Wahyudi

Ilustrasi hujan.
Ilustrasi hujan. (britannica)

MAKASSARINSIGHT.com – Keadaan cuaca yang tidak menentu jelas menguji daya tahan tubuh kita. Ketidakpastian cuaca mengharuskan kita untuk terus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang sering muncul selama musim pancaroba, seperti flu, batuk, influenza, diare, demam berdarah, dan penyakit lainnya yang umum terjadi saat musim pancaroba.

Dilansir dari dinkes.inhukab.go.id, tubuh seseorang dipaksa untuk terus menyesuaikan diri dengan cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, seseorang dengan sistem imun yang lemah akan lebih rentan terkena penyakit.

Terkait hal tersebut, penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit yang dapat mengganggu kesehatan kita. Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar tetap sehat di tengah perubahan cuaca yang tidak menentu? Yuk, simak artikel berikut!

Baca Juga: 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Tidak Menentu

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan di tengah cuaca tak menentu:

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh. Maka, dengan tidur yang tidak cukup, tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai virus yang menginfeksi. Terlebih lagi, di tengah perubahan cuaca yang tidak menentu.

Istirahat yang cukup sangat penting untuk mengembalikan stamina dan kekuatan sistem imun. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas selama tujuh hingga delapan jam setiap malam, karena hal ini sangat efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Olahraga

Kita juga bisa menjaga kondisi tubuh di tengah perubahan cuaca ekstrem dengan melakukan olahraga secara rutin. Aktivitas ini membantu menjaga fungsi tubuh dengan baik.

Olahraga ringan, seperti latihan fisik, dapat meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Beberapa jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, lunges, dan push-up dapat menjadi alternatif yang efektif. Dengan berolahraga secara rutin, kesehatan mental tetap terjaga. Karena saat berolahraga, tubuh memproduksi hormon endorfin di otak.

Menjaga Kebersihan

Pastikan untuk menutup wadah-wadah penampungan air agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk. Hindari penumpukan debu di area seperti kusen jendela, ventilasi udara, dan sudut-sudut ruangan. Lingkungan yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya hewan-hewan yang membawa virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatan.

Rajin Cuci Tangan

Kita tidak pernah tahu jenis kuman apa yang ada di luar, ditambah banyak benda yang disentuh oleh orang lain. Untuk mencegah kuman dan virus masuk ke dalam tubuh, sebaiknya Anda rutin mencuci tangan. Mencuci tangan dengan benar merupakan salah satu cara efektif melindungi diri dari cuaca ekstrem.

Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dapat memperkuat daya tahan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk menghadapi cuaca ekstrem.

Makanan yang kaya antioksidan, seperti sayuran dan buah-buahan, sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh, mengurangi kerusakan sel, dan memperkuat sistem imun. Sayuran juga berperan dalam meningkatkan produksi senyawa yang mengatur kekebalan tubuh.

Minum Air yang Cukup

Hal ini sering kali diabaikan dan dianggap sepele oleh banyak orang. Air putih sangat penting untuk kesehatan, karena membantu menjaga keseimbangan tubuh, mengeluarkan racun, dan meningkatkan energi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan air mineral saat beraktivitas di tengah perubahan cuaca ekstrem.

Baca Juga: 

Konsumsi Protein

Konsumsi protein sangat penting bagi tubuh Anda, karena dengan mengkonsumsi protein yang cukup dapat membantu memperbaiki jaringan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi Suplemen

Mengonsumsi suplemen atau multivitamin dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh Anda, karena suplemen ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh setiap hari serta menjaga fungsi tubuh dan daya tahan tetap optimal.

Itu dia beberapa tips yang dapat meningkatkan kesadaran diri untuk tetap menjaga kesehatan terutama saat cuaca tak menentu. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 16 Sep 2024