Yuliyani Rumampuk Soroti Dampak Signifikan Investasi di Popayato

Yuliyani Rumampuk Menilai Investasi di Popayato Beri Dampak Signifikan (Redaksi)

GORONTALO - Yuliyani Rumampuk sebut kehadiran investasi di Popayato memberikan dampak yang signifikan, terutama roda perekonomian masyarakat Popayato.

Yuliyani Rumampuk selaku Wakil Ketua Komisi Tiga, dalam sambutannya menyebutkan semenjak hadirnya PT. Biomasa Jaya Abadi (BJA), PT Inti Global Lestari, PT Bayan Tumbuh Lestari di Kabupaten Pohuwato penyerapan tenaga kerja meningkat.

“Kalau serapan tenaga kerja tinggi, secara otomatis ini memberikan peningkatan kualitas ekonomi masyarakat,” kata Yuliyani saat ditemui usai kegiatan diskusi bertajuk “Investasi dan Kesejahteraan Sosial: Masyarakat dapat Apa?” yang digagas oleh Karang Taruna Popayato Timur, Jumat 4 Oktober 2024.

Selain serapan tenaga kerja, dampak positif lain yang ditimbulkan dari beragam investasi yang masuk di Pohuwato ini adalah meningkatnya tingkat roda perekonomian warga lokal.

“Investasi dan meningkatnya roda perekonomian sangat berkait kelindan. Ketika ada investasi di satu daerah, maka dapat dipastikan ekonominya juga maju. Ini keadaan yang mau tidak mau kita harus menerimanya,”kata Yuliyani.

Tidak hanya itu Nany sapaan akrabnya menyarankan agar perusahaan tersebut dapat memperhatikan peningkatan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Pesan saya terhadap perusahaan lebih memfokuskan ke pendidikan dan UMKM demi kesejahteraan Masyarakat setempat” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pohuwato, mengatakan kehadiran investor di Kabupaten Pohuwato juga meningkatkan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada di Pohuwato. Dengan demikian, menurutnya, hal ini bisa mempercepat pembangunan yang ada di Kabupaten Pohuwato.

“Jadi, kita tidak perlu lagi terlalu bergantung anggaran dari pusat kalau jumlah PAD kita sudah mencukupi,” pungkasnya.

Tulisan ini telah tayang di halojatim.com oleh Redaksi pada 05 Okt 2024  

Editor: Redaksi Daerah
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories