Wow!!! Total Hadiah di Piala Dunia 2022 Qatar Capai Rp6,8 Triliun

Piala Dunia 2022 Qatar. (INT)

MAKASSARINSIGHT.com - FIFA mengumumkan total hadiah sebesar 440 juta dolar AS kepada timnas yang berhasil memenangkan pertandingan Final Piala Dunia 2022 Qatar. Pada Ahad (18/12/2022) nanti, uang yang disetarakan Rp6,8 triliun itu akan diperebutkan oleh Argentina dan Prancis, pada Stadium Lusail, Qatar.

Sebelumnya kedua tim ini sudah melewati masa pertandingan semifinal, dengan Argentina yang berhasil merebut kemenangan dari Kroasia dan Prancis yang mengalahkan Maroko. Kedua tim yang berhasil lolos dari semifinal kini akan saling berhadapan di babak Final Piala Dunia untuk merebutkan trofi Piala Dunia.

Di samping hadiah trofi, FIFA juga telah menyediakan hadiah uang kepada setiap pemain yang timnasnya berhasil mengambil kemenangan dalam pertandingan final nanti. Badan sepak bola dunia, FIFA membagikan informasi terkait jumlah hadiah, yaitu sebesar 440 juta dolar AS di awal tahun ini.

Keempat timnas yang berhasil memasuki babak semifinal, di antaranya Kroasia, Prancis, Argentina, dan Maroko masing-masing dari tim tersebut dijamin akan mendapatkan hadiah sebesar 25 juta dolar AS.

Sementara untuk pemenang Piala Dunia 2022 akan menerima hadiah 42 juta dolar AS atau sebesar 651 miliar rupiah, dengan tim yang berada di urutan kedua akan menerima uang 30 juta dolar AS atau seharga 464 miliar rupiah.

Selama tiga minggu terakhir, kita telah disuguhi dengan beberapa aksi sepak bola berkualitas tinggi. Dunia telah menyaksikan beberapa kisah menarik seiring berjalannya masa-masa pertandingan dan kemungkinan masih ada beberapa lagi yang akan kita saksikan menuju pertandingan final.

Pada pertandingan Piala Dunia 2018 sebelumnya, hadiah uang untuk pemenang pertandingan internasional ini adalah sebesar 38 juta dolar AS atau sekitar 593 miliar rupiah saat ini. Jumlah ini tentu berbeda dengan hadiah yang dibagikan kepada pemenang dalam pertandingan kali ini, karena mereka menambahkan uang sejumlah 4 juta dolar AS.

Selain empat besar, tim-tim yang tersingkir dari pertandingan Piala Dunia di babak perempat final turut akan mendapatkan hadiah sebesar 17 juta dolar AS atau sekitar 263 miliar rupiah untuk masing-masing.

Sementara untuk tim yang berhasil masuk ke babak 16 besar, tetapi tidak bisa melangkah lebih jauh akan menerima masing-masing sebesar 13 juta dolar AS atau 201 miliar rupiah. Terakhir, tim-tim yang tidak bisa melewati babak penyisihan grup juga mendapatkan uang 9 juta dolar AS (139 miliar rupiah).

Dari total uang yang didistribusikan FIFA, yaitu sebesar 440 juta dolar AS atau sebesar 6,8 triliun rupiah ini akan dibagikan berdasarkan posisi yang berhasil diduduki oleh setiap tim. Melansir dari Khel Now (15/12/2022), berikut ini rincian terbaru total hadiahnya.

Pemenang Piala Dunia: 42 juta dolar AS (651 miliar rupiah)

Runner-Up: 30 juta dolar AS (464 miliar rupiah)

Peringkat Ketiga: 27 juta dolar AS (418 miliar rupiah)

Peringkat Keempat: 25 juta dolar AS (387 miliar rupiah)

Sementara itu untuk tim yang tidak berhasil masuk ke babak semifinal, FIFA akan membagikan hadiah masing-masing sebesar 17 juta dolar AS (263 miliar rupiah) sehingga total uang yang akan dibagikan adalah sebesar 68 juta dolar AS (1,05 triliun rupiah).

Jumlah tersebut akan dibagikan kepada tim yang berada dalam peringkat kelima hingga kedelapan. Sementara untuk tim yang berada di peringkat kesembilan sampai ke-16, masing-masing dari mereka akan mendapatkan uang sebesar 9 juta dolar AS (139 miliar rupiah) sehingga total yang uang yang dibagikan menjadi 144 juta dolar AS (2,2 triliun rupiah). (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories