Wow!!! Pemilihan RT/RW se Makassar Bakal Habiskan Rp3 Miliar

Danny Pomanto

PEMKOT MAKASSAR mulai menyiapkan digelarnya pemilihan ketua RT/RW se Makassar yang rencananya akan digelar pada November 2022 mendatang.

Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Makassar Harun Rani, menjelaskan pihaknya sudah mendapat perintah dari wali kota untuk mempersiapkan Pemilu Ketua RT/RW Makassar.

Pemilu Ketua RT/RW Makassar nantinya diselenggarakan serentak dengan mekanisme voting menggunakan aplikasi, untuk memilik sebanyak 5.975 ketua RT dan Ketua RW.

Menurutnya, aplikasi Pemilu Ketua RT/RW Makassar sementara disiapkan oleh Pemkot Makassar, dan nantinya akan bisa langsung diunduh di ponsel masing-masing pemilih.

Terkait anggaran Pemilu Ketua RT/RW Makassar, Harun Rani mengaku, sudah mengusulkan agar dimasukkan ke dalam APBD Perubahan 2022.

Estimasi anggaran yang dibutuhkan berdasarkan perhitungan Pemkot Makassar, dananya sekitar Rp3 miliar.

“Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembuatan tempat pemungutan suara (TPS). Rencananya ada 596 TPS yang akan dibuat se-Kota Makassar,” sebutnya.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk membayar honor-honor petugas kecamatan dan kelurahan. Termasuk untuk sosialisasi ke bawah hingga ke tingkat RT/RW.

Terpisah, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengaku, draft Perwali untuk Pemilu RT/RW Makassar sudah dalam tahap perampungan. Selanjutnya, akan dibawa ke Biro Hukum Pemprov Sulsel untuk dikonsultasikan.

“Saya sudah koreksi Pemilu Ketua RT/RW Makassar. Sudah akan kita masukkan asistensi ke provinsi,” ungkap Danny Pomanto, Kamis (1/9/2022).

Editor: El Putra
El Putra

Related Stories