Vaksin IndoVac Diklaim Efektif Naikkan Antibodi Lawab Covid 19, Tanpa Efek Samping

IndoVac. (IST)

VAKSIN Covid-19 pertama produksi dalam negeri, yaitu IndoVac, diklaim efektif meningkatkan antibodi dan tanpa efek samping. 

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe mengatakan, proses produksi IndoVac dari hulu ke hilir dilakukan di Indonesia. Vaksin ini diproduksi oleh BUMN PT. Bio Farma 

“IndoVac dikembangkan dengan teknologi rekombinan protein subunit dan telah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelasnya dalam keterangannya, Senin, (17/10/2022). 

Uji klinis dilakukan di Indonesia melibatkan lebih dari 4.000 orang. Prosesnya berlangsung selama 1,5 tahun. 

Vaksin ini telah memenuhi standar persyaratan World Health Organization (WHO). 

Menurutnya, IndoVac efektif. Terjadi kenaikan antibodi secara signifikan melebihi vaksin pembandingnya yang memiliki efikasi lebih dari 80 persen. 

Selain itu, IndoVac aman. Efek sampingnya ringan dan tidak ada Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI) serius selama uji klinis. 

“Alhamdulillah IndoVac dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI),” tutur Dokter spesialis penyakit dalam ini. 

Lebih jauh kata dia, IndoVac digunakan sebagai vaksinasi primer dan nantinya dapat digunakan sebagai vaksinasi booster dan vaksinasi anak. 

Ketersediaan IndoVac penting untuk mencapai ketahanan vaksin dalam negeri dan memastikan semua penduduk dapat mengakses vaksin.

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories