Timsel KPU Makassar Ikutkan 8 Orang Tes Tulis, Sebelumnya Dinyatakan Tak Lolos Berkas

(null)

MAKASSARINSIGHT.com — Tim Seleksi Anggota KPU Kabupaten/Kota untuk 7 daerah membuat keputusan yang sangat janggal.

Tiba-tiba, ada orang yang ikut seleksi tes tulis, padahal sebelumnya tak ada namanya dalam daftar nama peserta yang dinyatakan lolos berkas.

Tercatat ada 8 orang. Mereka semua berasal dari pendaftar calon anggota KPU Kota Makassar.

Baca Juga: 

Berdasarkan pengumuman timsel bernomor 25/TIMSELKK-GEL.3-Pu/02/2023 yang diteken pada 22 September lalu, jumlah peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk KPU Kota Makassar berjumlah 100 orang.

Tahapan selanjutnya ialah Tes Seleksi Tertulis di Gedung Phinisi UNM pada Senin (25/9/2023) dan Tes Psikologi pada Selasa hingga Kamis (26-28/9/2023).

Nah, saat tes tulis, rupanya ada 108 peserta yang ikut dari calon anggota KPU Kota Makassar. “Iya, ada tambahan 8 peserta,” aku Ketua Timsel Anggota KPU, Syamsurijal, saat dikonfirmasi wartawan, pada Senin (25/9/2023).

8 orang tambahan ini ujug-ujug masuk sebagai peserta tanpa pengumuman hasil seleksi terbaru. Namun, menurut Rijal, hal itu berdasarkan instruksi dari KPU RI.

“Jadi dari 100 orang menjadi 108 karena itu ada nilai yang sama. Ada nilai yang sama berdasarkan petunjuk dari KPU Pusat. Nilai yang sama itu harusnya diangkut semua, diloloskan semua. Karena nilai yang sama itu akhirnya diloloskan semua, makanya bertambah 8 orang,” paparnya.

Baca Juga: 

Tapi, saat ditanya apakah ada nilai dari seleksi administrasi, Rijal menyebut, nilai seleksi administrasi tidak diumumkan.

“Ya pertimbangan kesamaan nilai itu yang membuat semua kesamaan nilainya itu kita angkut dan loloskan, gitu,” pungkasnya. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories