Tidak Lama Lagi, Gowa jadi Lokasi Pembuangan Sampah dari Makassar

Antang

Pemkot Makassar kembali membahas relokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa ke Pattalassang di Kabupaten Gowa.

 

Menurut Kadis Lingkungan Hidup Makassar, Iskandar mengatakan TPA Pattallassang diketahui adalah program yang dirintis Pemprov Sulsel, saat itu diinisiasi Syahrul Yasin Limpo saat menjabat Gubernur Sulsel, dan Ilham Arief Sirajuddin saat menjabat Wali Kota Makassar.

 

Keduanya bersepakat membangun TPA yang dilengkapi dengan pusat daur ulang sampah di Sulawesi Selatan.

 

Ia menjelaskan TPA Pattalassang ini akan dirancang menjadi TPA terpadu bagi empat daerah yang masuk dalam kawasan Mamminasata, yakni Makassar Sungguminasa (Gowa), Maros dan Takalar.

 

"Jadi ini TPA Pattalassang adalah TPA terpadu diperuntukkan untuk empat daerah Mamminasata, bukan sekedar Makassar dan Gowa saja," ujar Iskandar, Selasa (11/8/2020).

Jika ini terwujud, akan bernilai positif bagi lingkungan di Kecamatan Manggala.

 

Di mana kondisi TPA Tamangapa saat ini sudah over load.

 

"Tidak bisa mi sebenarnya ini TPA Tamangapa sudah over mi. Bayangkan dalam sehari itu rata- rata 800 ton perhari, bahkan bisa sampai 1000 ton," kata Iskandar.

 

Olehnya itu, jika TPA Tamangapa ini dipindahkan, Iskandar mengaku bahwa ini akan berdampak baik bagi masyarakat.

 

Terpisah, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan, sudah saatnya TPA direlokasi menyusul tempat yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas atau over load.

 

Lokasi TPA yang baru telah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang cipta karya.

 

"Memang Kota Makassar yang masuk kategori kota metropolitan, sampah konvensionalnya itu harusnya sudah tidak ada lagi. Apalagi di tengah pemukiman, olehnya, kita usul ke kementerian PUPR bidang cipta karya untuk meminta dukungan tentang pembuangan tempat sampah baru," ujar Rudy.

 

Ia juga membeberkan sejumlah investor disebut tertarik menggarap proyek tersebut.

 

"Sementara beberapa investor yang siap melakukan pengolahan sampah kita di kawasan patalassang. Mudah-mudahan jadi, tapi bahwa investor masuk, itu perlu dukungan masyarakat, kadang kala hambatan kecil membuat investor banyak halangan untuk masuk,"tambahnya.

 

Ia pun mengungkapkan, lahan di Kecamatan Pattallassang yang akan digunakan sebagai TPA terpadu itu sudah siap pakai ini juga tentunya berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

 

"Pemkab Gowa mendukung, Bupati Gowa sangat visioner orangnya, selalu ingin adanya perubahan dan perbaikan," ujarnya.

 

Bagikan

Related Stories