Ternyata Memiliki Mimpi dan Tujuan Hidup Penting untuk Kesuksesan

Ilustrasi kesuksesan (Pexels / Anna Shvets)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA - "Ke mana arah hidupku?" "Apa yang ingin saya capai?" Para remaja sering menghabiskan banyak waktu memikirkan pertanyaan-pertanyaan semacam itu tentang tujuan hidup mereka.

Sebuah studi baru dari Universitas Houston menunjukkan bahwa ketika orang berkembang dari masa remaja menjadi dewasa muda, mereka cenderung mengubah seberapa pentingnya mereka menempatkan beberapa tujuan hidup tertentu. 

Tujuan hidup ini di antaranya adalah memiliki tujuan bergengsi dan pendidikan yang tinggi. Perubahan dan perkembangan tujuan hidup ini ternyata bisa mendorong kesuksesan.

Baca Juga: 

"Remaja yang menganggap penting tujuan bergengsi dan pendidikan cenderung mencapai pendidikan yang lebih tinggi, pendapatan yang lebih besar, lebih banyak kreativitas dalam pekerjaan, prestise pekerjaan yang lebih tinggi, dan pekerjaan yang lebih kompleks setelah 12 tahun," laporan Rodica Damian, seorang profesor psikologi di Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial. 

Penulis utama makalah ini, Andreea Sutu, adalah mantan mahasiswa pascasarjana dari Damian. Peneliti lain yang terlibat adalah mantan asisten profesor UH Kevin Hoff dan Sif Einarsdóttir dari Universitas Islandia.

Sebelumnya belum ada penelitian yang menyelidiki hubungan antara perkembangan tujuan hidup dan hasil pendidikan atau pekerjaan.

Damian dan rekan-rekannya menemukan bahwa tujuan-tujuan tersebut berubah-ubah. Beberapa impian dan tujuan remaja menghilang sementara yang lain, terkait dengan keluarga (seperti dekat dengan kerabat), hubungan (seperti memiliki teman baik atau pasangan romantis), dan komunitas (seperti terlibat dalam lingkungan atau membantu orang lain), tetap kuat. Tujuan-tujuan ini mungkin menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia.

"Tujuan hidup diharapkan berubah seiring waktu dan perubahan ini diharapkan memiliki konsekuensi untuk hasil-hasil hidup di masa depan, termasuk hasil pekerjaan," kata Damian. 

"Dengan memahami bagaimana perubahan dalam tujuan hidup berhubungan dengan hasil pendidikan dan pekerjaan (di atas dan di luar tingkat remaja), kami menunjukkan bagaimana perubahan dalam individu juga dapat memprediksi pencapaian pendidikan dan pekerjaan yang diinginkan." tulis peneliti. 

Tujuan Hidup Berkembang

Penelitian ini memeriksa bagaimana tujuan hidup berkembang seiring bertambahnya usia dan bagaimana tingkat tujuan remaja, serta perkembangannya melalui dewasa muda, berkaitan dengan pencapaian pendidikan dan hasil pekerjaan pada masa dewasa muda. 

Penelitian ini menggunakan dua sampel yang mewakili secara nasional dari pemuda Islandia yang diikuti secara longitudinal selama 12 tahun dari akhir masa remaja hingga dewasa muda.

"Untuk pencapaian pendidikan, efek terkuat ditemukan untuk tujuan pendidikan. Baik tingkat awal maupun perubahan tingkat tujuan pendidikan berkorelasi positif dengan pencapaian pendidikan di kedua sampel," kata Damian. 

Baca Juga: 

"Ini menunjukkan bahwa remaja dengan tujuan pendidikan yang lebih tinggi, dan mereka yang menunjukkan pola perubahan yang lebih positif dalam tujuan pendidikan, mencapai pendidikan yang lebih tinggi pada masa dewasa muda." lanjut Damian. 

Tujuan pendidikan dan bergengsi muncul sebagai prediktor yang paling konsisten dari pendapatan di kemudian hari, dan perubahan dalam tujuan-tujuan tersebut dari waktu ke waktu adalah prediktor yang paling konsisten dari prestise pekerjaan dan kompleksitas di kemudian hari.

"Kami menyoroti pentingnya memahami sumber-sumber pengembangan tujuan pada masa remaja dan dewasa muda. Secara keseluruhan, fokus kami pada pengembangan tujuan hidup, pencapaian pendidikan, dan hasil pekerjaan memberikan pemahaman teoritis dan praktis tentang pentingnya tujuan hidup untuk hasil nyata dalam kehidupan sehari-hari," pungkas Damian.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 27 Apr 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories