Ternyata 7 Kebiasaan Buruk Ini yang Membuat Anda Tetap Miskin

7 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Tetap Miskin (Freepik)

MAKASSARINSIGHT.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya ke mana semua uang Anda pergi? Selain itu, pernahkah Anda merenungkan mengapa sudah tidak ada lagi uang di rekening bank Anda setiap bulan?

Jika ya, maka mungkin Anda masih melakukan beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat pengeluaran Anda semakin membengkak dan tidak segera kaya. Oleh karena itu, simak beberapa cara berikut untuk mengatasinya.

Kebiasaan yang Mencegah Anda untuk Menjadi Kaya Raya

Kebiasaan yang Mencegah Anda untuk Menjadi Kaya Raya

1. Menghabiskan Uang Lebih Banyak Saat Penghasilan Meningkat 

Tidak ada salahnya meningkatkan standar hidup Anda ketika Anda bisa. Namun, jika Anda adalah orang yang terus-menerus mencari cara untuk membelanjakan uang Anda, hal ini bisa berbahaya untuk keuangan Anda. Jika Anda terus meningkatkan pengeluaran seiring dengan peningkatan pendapatan Anda, maka akan sulit untuk meningkatkan tabungan.

Baca Juga: 

2. Hanya Fokus pada Masa Kini

Biasanya, ketika seseorang merasa kesulitan untuk mengatasi suatu masalah, mereka memilih untuk mengabaikannya, padahal kebiasaan tersebut hanya akan menimbulkan bencana. Begitu pula soal keuangan Anda. 

Pada umumnya, seseorang fokus pada kebutuhan mereka saat ini, berharap bahwa kebutuhan masa depan entah bagaimana akan terpenuhi dengan cara tertentu. Padahal sebetulnya kita belum dapat mengetahui apa yang akan menanti kita di masa depan nanti.

3. Merasa Terlalu Dini untuk Menabung

Saat masih muda, Anda mungkin mudah terbawa oleh berbagai kesenangan yang bisa dibeli dengan uang. Seseorang sering berpikir bahwa saat ini terlalu dini untuk mulai menabung atau berinvestasi.

Pemikiran tersebut merupakan anggapan yang salah. Anda tidak pernah terlalu dini untuk menabung sebagian dari penghasilan Anda, tidak peduli seberapa rendah atau tinggi penghasilan Anda. Oleh karena itu, mulailah menabung hari ini.

4. Tidak Mencatat Keuangan

Kita semua berpikir bahwa kita tahu dari mana uang kita berasal dan ke mana uang tersebut dikeluarkan. Sayangnya, kebanyakan orang justru tidak mengetahuinya. 

Kita mungkin menyadari pengeluaran besar kita, tetapi hal-hal kecil biasanya justru memakan keuangan kita lebih banyak daripada yang besar. Oleh karena itu, cobalah untuk konsisten mencatat keuangan Anda baik pengeluaran atau pendapatan besar maupun kecil. 

5. Menganggarkan Keuangan dengan Buruk

Memiliki anggaran keuangan yang realistis dan terdokumentasi dengan baik adalah dasar dari semua perencanaan dan kesuksesan keuangan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membuat anggaran dan patuhi. Dengan adanya penganggaran, Anda tidak akan mudah terbawa suasana dan akhirnya justru melakukan pengeluaran yang tidak diperlukan.

6. Prioritaskan Kebutuhan dan Tujuan Keuangan

Untuk menghemat uang dan membangun kekayaan, sangat penting bagi Anda untuk benar-benar peduli dengan apa yang harus dimiliki, yang baik untuk dimiliki, dan yang tidak dimiliki. Anda juga perlu memprioritaskan target keuangan Anda. Jika Anda bertujuan untuk menjadi kaya, maka Anda perlu mengorbankan sebagian dari kesenangan Anda saat ini, suka atau tidak suka.

Baca Juga: 

7. Mengabaikan Utang Anda

Bagi banyak orang di dunia sekarang ini, bunga menghabiskan sebagian besar keuangan mereka, dan itu adalah fakta yang menyakitkan. Akan tetapi, banyak orang yang masih tidak tahu bagaimana keluar dari lingkaran setan tersebut.

Oleh karena itu, pastikan untuk menjadikan membayar atau melunasi utang menjadi prioritas utama Anda. Buat rencana untuk hal tersebut dan patuhi apapun yang terjadi.

 

Itu tadi 7 kebiasaan yang membuat Anda jadi tetap miskin. Apakah Anda masih melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 17 Jun 2023 

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories