Target Sero Stunting di 2024, Ini Langkah Pemkot Makassar

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi. (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi ingatkan kembali implementasi kebijakan dalam mencapai target Makassar zero stunting 2024, saat digelar aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting, yang digelar di Hotel Swissbell, Senin (20/03/2023).

“Percepatan penurunan angka stunting merupakan program prioritas, yang didukung pula dalam visi misi Pemkot Makassar. Target zero stunting 2024, menjadi tantangan bagi kita semua, wujud komitmen untuk turunkan angka stunting,” ujarnya.

Berdasarkan data 2022, angka stunting berada di 18,08 persen, dan di tahun 2023 awal, terjadi penurunan dan berada di angka 18,04 persen.

Makassar merupakan kota dengan angka stunting terendah di 24 Kab/Kota. Adanya target yang jelas, yakni zero stunting 2024, diharapkan menjadi pemicu semangat kerja, motivasi untuk bekerja bersama-sama.

“Dibutuhkan koordinasi, sinergi dengan beberapa lintas sektor, provinsi, kota, dan pemangku kepentingan untuk bersama berkolaborasi untuk hasil maksimal,” lanjutnya.

Wakil Wali Kota Makassar, pun menyampaikan telah melakukan intervensi dengan melakukan kunjungan setiap pekan ke Puskesmas di 22 titik lokus intervensi stunting, serta membagikan protein telur sebagai salah satu langkah konkrit penanganan stunting.

Dalam Aksi 3 ini melibatkan beberapa unsur diantaranya NGO, akademisi, para pelaku usaha, serta OPD terkait, hadir pula Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.

Dalam kesempatan tersebut, Indira Yusuf Ismail menyampaikan komitmen bersama TP PKK Kota Makassar untuk turut serta dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.

“Kita akan berkoordinasi dengan para akademisi, para dokter, untuk berkonsultasi asupan yang paling tepat guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak stunting,” ujarnya.

Selanjutnya aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama, untuk mencapai zero stunting Makassar 2024.

Editor: El Putra

Related Stories