Tangkal Virus Corona, Makassar Efektifkan Puskesmas

Makassar Kini 28 Jan 2020, By Patrialis Muhammad
Tangkal Virus Corona, Makassar Efektifkan Puskesmas (Ilustrasi)

Pemerintah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan mulai mengefektifkan seluruh Puskesmas di 15 kecamatan guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang sudah mewabah di beberapa negara.

"Kita harus waspada, tingkatkan kerja sama dengan semua pihak, utamanya instansi kesehatan. Puskesmas kita juga harus meningkatkan pengawasan, jika mendapat gejala yang mirip agar dilakukan pendalaman yang komprehensif," kata Pejabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Selasa (28/1/2020).

Penekanan tersebut, kata Iqbal, mengingatkan posisi kota Makassar, bukan hanya sebagai kota pelabuhan tapi juga memiliki bandara internasional yang berpeluang menjadi pintu masuk virus mematikan itu.

"Kota Makassar memiliki pelabuhan, dan bandara bertaraf internasional, ada lalulintas manusia dari berbagai negara masuk dan cukup tinggi, segala yang berkembang secara global juga berpotensi berpengaruh terhadap Makassar," kata dia.

Dia menginstruksikan seluruh jajarannya agar tetap waspada dan warga Makassar diimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin telah mengantisipasi setelah beredar berita soal wabah virus corona. Ia juga telah menginstruksikan seluruh dokter di puskesmas bila menemukan tanda-tanda maka segera dirujuk ke rumah sakit.

"Masyarakat diminta segera melapor dan langsung untuk memeriksakan kondisi bila suhu tubuh atau panas tinggi, dan sesak nafas maupun memiliki ciri-ciri pneumonia maka segera ditangani dengan cepat," katanya.

undefined

Patrialis Muhammad