Tangani Masalah Penyebaran HIV/AIDS, Bappeda Makassar Gelar Pertemuan Multi Stakeholder

IST (IST)

MAKASSARINSIGHT.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar pertemuan multi-stakeholder untuk membahas upaya menangani masalah penyebaran HIV/AIDS di Kota Makassar, yang dilaksanakan pada hari Selasa (3/10/23).

Pertemuan ini dihadiri oleh tim Pokja serta perwakilan dari berbagai SKPD, LSM, NGO, dan organisasi HAM, termasuk Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar.

Diketahui, kasus orang dengan HIV/AIDS di Sulawesi Selatan tercatat ditemukan sebanyak 21.000 kasus sepanjang tahun 2021 hingga 2022. Dari jumlah tersebut, Kota Makassar menjadi penyumbang kasus tertinggi, yakni 80 persen atau 16.800 kasus.

Diketahui, pemerintah menargetkan di tahun 2023 kasus HIV/AIDS di Indonesia bisa berakhir atau Ending AIDS.

Adapun turunan dari Ending AIDS yang ingin dicapai oleh Kota Makassar yakni three three zero atau nol penyintas baru, nol kematian akibat HIV/AIDS, dan nol stigma serta diskriminasi akibat HIV/AIDS.

Selain Three Zero, target lainnya yang ingin dicapai yaitu 95 persen ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) mengetahui statusnya dan 95 persen lainnya telah diobati atau 9.595. (***)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories