Sumbang Hewan Kurban, Wujud Kepedulian Komunitas Suporter dan Fans Club Kepada Sesama

Komunitas Makassar 4 Agt 2020, By Said Mikel
Sumbang Hewan Kurban, Wujud Kepedulian Komunitas Suporter dan Fans Club Kepada Sesama (Istimewa)

Dua kelompok suporter PSM Makassar, The Macz Man dan Red Gank serta fans club liga sepakbola Eropa melakukan kegiatan kurban tahun ini secara terpisah pada Jumat (31/7/2020) dan Sabtu (1/8/2020) lalu.

Tetapi komunitas yang tergabung dalam SuperSoccer Makassar ini memiliki niat dan semangat yang sama, yakni peduli kepada orang yang membutuhkan lewat pembagian daging kurban. Kegiatan merupakan bagian dari program bertajuk "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar di antaranya yaitu SuperSoccer ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini.

“Para anggota The Macz Man, kelompok suporter PSM Makassar sangat antusias bisa ikut menyumbang hewan kurban berupa seekor sapi tahun ini. Bagi The Macz Man, ini merupakan kali pertama mereka menyumbang hewan kurban,” ujar Koordinator SuperSoccer Makassar, Muhammad Rizal yang akrab disapa Bombom, Selasa (4/8/2020).

Hewan kurban dari The Macz Man tersebut diserahkan ke Masjid Maradekaya Makassar. Masjid ini letaknya tak jauh dari rumah Presiden The Macz Man, Ocha Alim Bachri. Ocha sendiri hadir dalam penyembelihan hewan kurban di masjid tersebut. Selanjutnya daging kurban dibagikan kepada warga di sekitar masjid. Kegiatan kurban juga dilakukan komunitas suporter PSM Makassar lainnya, Red Gank.

Tiga ekor kambing dari Red Gank zona utara, selatan, dan timur diserahkan ke Masjid Nurul Hasanah, Jalan Hadji Kalla Panaikang, Masjid Khadijah di Komplek Perumahan Puri Pattene, dan Yayasan Sumber Kehidupan LKSA Panti Asuhan Nur Siamatu. Ketiga lokasi tersebut berada di sekitar homebase Red Gank Sektor Panaikang, Pattene, dan Garadutz.

“Kegiatan Red Gank ini ditutup dengan berkumpul di home base Red Gank Sektor Pattene. Di sini, mereka berkumpul, bersilaturahmi, dan berdoa bersama untuk komunitas serta mengucap syukur bisa berkurban tahun ini,” imbuh Bombom. Sementara itu, fans club liga Eropa juga tak tinggal diam. Mereka melakukan penyembelihan hewan kurban di Masjid Jamiul Ihsam, Jalan Toddopuli, Makassar. Ada perwakilan dari 11 komunitas fans club dari liga-liga Eropa seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, maupun Liga Jerman yang terlibat dalam kegiatan ini. Selanjutnya daging kurban dibagikan oleh panitia di Masjid Jamiul Ihsam kepada fakir miskin dan kaum dhuafa.

“Teman-teman dari fans club liga Eropa sangat menyambut dengan antusias kegiatan ini. Mereka merasa senang karena baru tahun ini bisa berkurban,” tutup Bombom.

undefined

Patrialis Muhammad