Sudirman Sulaiman Harap Pembangunan Jalan Tol MNP Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

(null)

MAKASSARINSIGHT.com - Pembangunan jalan tol Makassar New Port, sudah dimulai. Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, berharap, dengan pembangunan jalan tol ini, akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat, serta terserapnya tenaga kerja lokal warga sekitar.

"Alhamdulillah, kita sangat bersyukur dengan dimulainya pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port ini," kata Andi Sudirman, saat Ground Breaking Pembangunan Jalan Akses Tol MNP, Senin, 7 Februari 2022.

Ia mengungkapkan, jalan tol MNP ini akan mengakselerasi sistem distribusi barang, sekaligus mempercepat optimalisasi pemanfaatan MNP. Menurutnya, proses pendahuluan proyek ini menjadi proyek dengan pembebasan lahan yang paling cepat.

Rencananya, jalan bebas hambatan ini akan dibangun sepanjang sekitar 3,2 kilometer dengan kebutuhan lahan seluas 2,74 hektare. Proyek ini akan dikerjakan dalam tiga tahap. Pertama, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Kedua, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Selanjutnya, tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulsel, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Menteri PUPR, yang senantiasa memberikan perhatiannya untuk pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan," ucapnya.

Andi Sudirman menjelaskan, hadirnya tol ini akan meningkatkan konektivitas pelabuhan Makassar New Port dengan jalan tol eksisting. Selain itu, mempercepat laju pertumbuhan ekonomi Kawasan Indonesia Timur, serta efisiensi waktu tempuh empat kali lebih cepat untuk transportasi peti kemas.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PUPR, Ir Mohammad Zainal Fatah, menyampaikan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk tetap melanjutkan dan mempercepat pembangunan infrastruktur. Terutama infrastruktur yang menghubungkan sentra-sentra produksi, daerah-daerah yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan membuka peluang usaha baru, lapangan kerja, dan mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat, termasuk di dalamnya jalan tol.

"Pembangunan jalan tol di Indonesia menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi karena dengannya kita mampu menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah," terangnya.

Dengan dibangunnya jalan akses tol MNP ini, nantinya akan mendukung operasional pelabuhan Makassar New Port yang memiliki proyeksi kapasitas sebanyak 900.000 Teus pada 2023. "Kehadiran tol ini juga dapat memicu pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar. Serta meningkatkan pemerataan hasil pembangunan yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat Sulsel," katanya. (*)

Editor: Isman Wahyudi
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories