Sudah 7% Populasi Kota Makassar yang Disuntik Vaksin Covid-19

sudah-7-populasi-kota-makassar-yang-disuntik-vaksin-covid-19
Presiden Jokowi Saat Meninjau Vaksinasi di Makassar

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar melaporkan sudah berhasil menvaksin sebanyak 7% warga Makassar. Total sudah ada sebanyak 106.509 warga yang terdiri dari tenaga kesehatan dan pelayan publik.

Dari data Dinkes Kota Makassar, jumlah 7% tersebut mengacu pada jumlah penduduk Kota Makassar sebanyak 1.526.677. Sementara target capaian dilaporkan mendekati setengah, yaitu 44%.

Adapun rinciannya, vaksinasi lansia mencapai 10,8% atau sebanyak 11.068 dari target 102.555. Sedangkan vaksinasi petugas publik mencapai 63% atau 77.121 dari target 122.151, tenaga SDNK atau nakes mencakup 115.5% atau 18.320 jumlah tersebut telah melebih target, yaitu sebesar 15.840.

Sementara secara spesifik guru yang masuk kategori pelayan publik telah mencapai 2.400 (khusus di Karebosi) jumlah tersebut dikalkulasi lebih tinggi lantaran masih ada vaksinasi guru di tingkat puskesmas yang belum dilaporkan.

Kepala bidang layanan kesehatan (Yankes), Nursaidah Sirajuddin mengatakan, masih terus berupaya memenuhi tahap dua vaksinasi yang saat ini masih berjalan bagi pelayan publik.

Sementara untuk membuka kembali vaksinasi baru masih belum dilakukan. Penundaan terpaksa dilakukan lantaran saat ini kota masih mengajukan penambahan jumlah vaksin ke pusat, karena adanya kekosongan stok.

"Terkait vaksin itu memang terjadi kekosongan, tapi masih proses permintaan dari pusat, ini masih jalan cuma memang ini untuk realisasi dulu betul-betul untuk prioritas dosis dua," jelasnya, Rabu (7/4/2021).

Ida sapaan akrabnya mengaku saat ini tengah fokus melakukan vaksinasi terhadap para guru, pasalnya ada rencana pembukaan sekolah yang akan dilakukan pemerintah kota dalam waktu dekat. Targetnya mencapai 12.000 guru sebagai syarat utama untuk menggelar sekolah tatap muka secara bertahap.

Bagikan:
Andi Iqbal

Andi Iqbal

Most Popular








Related Stories