Soal Klaim Pemprov Sulsel 18 Daerah Bebas Covid-19, Nurdin : Masih Fluktuatif

Nurdin Abdullah

Meski sebelumnya telah mengklaim 18 kabupaten/kota relatif aman dari Covid-19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan hal tersebut bersifat fluktuatif.

Dalam klaim Pemprov Sulsel sebelumnya, sebanyak 18 kabupaten/kota mencatatkan angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di bawah 1.

Adapun 18 kabupaten/kota yang yakni Bantaeng, Barru, Bone, Gowa, Jeneponto, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara Maros, Pangkep, Pinrang, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Luwu serta Sidrap.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan kondisi 18 kabupaten/kota tersebut belum sepenuhnya aman sehingga belum bisa menggunakan protokol New Normal Life.

"Kita tidak boleh lengah. Saya kira yang terpenting sekarang ini adalah protokol kesehatan secara ketat. Masker, cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Covid-19 ini kan tidak akan hilang," ujarnya, dikutip, Jumat (5/6/2020).

Nurdin mengingatkan masyarakat agar tidak berpuas diri dengan apa yang telah dicapai saat ini. Menurutnya, selama vaksin belum ditemukan maka selama itu juga masyarakat harus lebih berhati-hati.

"Saya di setiap kesempatan, saya ingatkan semua bahwa menuju new normal itu adalah kehidupan yang sama sekali sangat berbeda dengan kehidupan kita sebelum-sebelumnya," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Nurdin, tak hentinya ia menegaskan agar masyarakat fokus menerapkan protokol kesehatan. Seluruh pihak berwenang juga diimbau untuk terus menyosialisasikan protokol kesehatan tersebut kepada masyarakat.

Ia berharap dengan upaya tersebut, rantai penularan terutama di pusat-pusat episentrum penularan terus mengalami penurunan sehingga tidak ada lagi transmisi lokal.

"Menggunakan masker itu sudah membantu kita memutus rantai penularan. Jadi kita berusaha terus, termasuk di Makassar ini," ujarnya.

Bagikan

Related Stories