Simon Mantiri, Orang Dekat Prabowo Jadi Komisaris Utama Pertamina

Menteri Pertahanan RI dan calon presiden Prabowo Subianto (Reuters/Willy Kurniawan) (Reuters/Willy Kurniawan)

MAKASSARINSIGHT.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi mengangkat Simon Aloysius Mantiri atau Simon Mantiri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Simon mengambil alih posisi Komisaris Utama Pertamina setelah kepergian Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2 Februari 2024. Ahok memutuskan mundur dari jabatannya untuk berkampanye dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres pada 14 Februari 2024, mendukung calon presiden nomor urut 03, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Keputusan ini ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang digelar Senin, 10 Juni 2024.

Baca Juga: 

“Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) selaku pemegang saham memutuskan melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso, dalam keterangan tertulis, pada Senin, 10 Juni 2024.

Dia yang dikenal sebagai orang dekat Prabowo Subianto, yang memainkan peran penting dalam kemenangan Menteri Pertahanan tersebut dalam Pilpres 2024.

Lalu, siapa sebenarnya osol Simon Aloysius Mantiri yang jadi Komisaris Utama PT Pertamina?

Profil Simon Aloysius Mantiri

Simon Aloysius Mantiri diketahui lahir pada tanggal 3 Oktober, pria ini berasal dari Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara. 

Selain itu, Simon juga termasuk dalam jajaran pengurus Partai Gerindra untuk periode 2020-2025, di mana ia merupakan salah satu dari 48 anggota Dewan Pembina.

Simon dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo Subianto dan telah lama bekerja dengan Presiden terpilih ini. Selain sebagai petinggi partai Gerindra, ia menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Simon menjabat sebagai Wakil Bendahara TKN bersama Pandu Patria Sjahrir dan 15 anggota lainnya, dipimpin oleh Thomas A. Muliatna Djiwandono. Simon memegang peran penting dalam kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

Selama masa kampanye Pemilu 2024, Simon bersama istrinya, Priscilia Waworuntu, diberi tugas untuk terjun langsung ke Sulawesi Utara.

Menariknya, pasangan ini adalah penggagas sejumlah gerakan unik dalam kampanye Prabowo-Gibran, termasuk senam Gemoy yang diadakan di beberapa daerah.

Berdasarkan profil LinkedIn-nya, Simon berkarier sebagai Personal Assistant to The CEO di PT Nusantara Energy. Ia menduduki posisi sebagai salah satu direktur di perusahaan tersebut.

PT Nusantara Energy merupakan perusahaan milik Prabowo yang membawahi 27 anak perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang. Mulai dari tambang batubara, kelapa sawit, hingga perkebunan.

Baca Juga: 

Terbaru, ia ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Selain Simon, dalam Rencana Pembangunan Usaha PT Pertamina (RPUS) juga disebutkan Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina. Adapun susunan Dewan Komisaris Pertamina saat ini adalah sebagai berikut:

1. Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri

2. Komisaris Independen: Condro Kirono

3. Komisaris: Heru Pambudi

4. Komisaris: Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)

5. Komisaris Independen: Alexander Lay

6. Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf

7. Komisaris Independen: Iggi H. Achsien

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 11 Jun 2024 

Editor: Isman Wahyudi
Bagikan
Isman Wahyudi

Isman Wahyudi

Lihat semua artikel

Related Stories